Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Tips Belanja Online Aman Dengan Kartu Kredit

Posted : 7 - 8 - 2015

Kemudahan yang ditawarkan ketika membeli barang membuat situs belanja online semakin digemari. Meski cara pembayaran yang ditawarkan beragam, pembayaran menggunakan kartu kredit adalah yang paling populer. Tapi banyak orang yang bilang jika pembayaran online menggunakan kartu kredit cukup berisiko. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tip belanja online aman yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan kartu kredit.

Selalu Perbarui Software

Saat berbelanja online menggunakan kartu kredit, hal yang terpenting adalah software Anda harus selalu up-to-date. Kebanyakan hacker akan berusaha mengakses informasi pribadi melalui kelemahan yang ada di software lama. Selain itu, Anda juga akan terlindungi dari ancaman penipuan, malware, dan situs-situs berbahaya.

 

Perhatikan Segel Keamanan

Segel keamanan adalah lapisan keamanan saat Anda berbelanja online. Pastikan situs belanja Anda memiliki logo segel keamanan seperti Norton Secured atau VeriSign. Segel ini akan memverifikasi bahwa situs tersebut adalah situs yang sah dan menjaga keamanan privasi pembeli melalui SSL. SSL adalah sebuah cara enskripsi atau pengamanan data yang membuat informasi yang diberikan tidak langsung terhubung ke internet.

 

Membayar Melalui Perusahaan Penyedia Pembayaran Online

Selain melalui situs, Anda juga bisa membayar melalui jasa penyedia pembayaran online, seperti PayPal atau Veritrans. Mereka menjamin privasi Anda dengan menjaga ketat server secara fisik dan elektronik sehingga nomor kartu kredit tidak akan bocor ke tangan situs belanja. Informasi yang dapat diakses oleh situs hanya alamat e-mail, tanggal pendaftaran akun, dan apakah Anda telah menyelesaikan proses verifikasi.

 

Pastikan Situs Telah Diverivikasi

Saat memilih situs berbelanja, pastikan pembayaran kartu kredit yang ditawarkan telah diverifikasi oleh Visa, Mastercard, atau American Express melalui sistem 3-D Secure. Sistem verifikasi tersebut akan mengurangi risiko kartu kredit digunakan oleh orang lain. Setelah mengisi data yang diperlukan untuk melakukan pembayaran, pihak bank akan mengirimkan kode unik melalui SMS ke ponsel Anda. Pembayaran tidak dapat dilakukan jika Anda tidak memasukan kode unik ini pada situs berbelanja.

Sumber: http://www.cosmopolitan.co.id/