Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Perbandingan Apple Watch dengan Android Wear

Posted : 7 - 8 - 2015

Tampilan Layar

Tampilan layar pada Android Wear memiliki tampilan yang menarik sebagaimana Google Now, tampilannya sebagaimana HP Android dalam bentuk mini. Perbedaannya adalah di dalam tampilan Android Wear ini tidak memiliki multiple homescreens atau folder dalam menu sehingga tidak persis seperti HP atau tablet Android.

Tampilan layar pada Apple Watch sendiri merupakan hasil kostumisasi dari Iphone namun tidak secara keseluruhan. Semua aplikasi di dalam Apple Watch berada dalam1 layar sehingga anda tidak perlu menggeser/swipe layar untuk mencari aplikasi yang anda inginkan berbeda dengan Android Wear. Untuk memeriksa notifikasi kita dapat menarik layar ke bawah atau swipe up layar untuk membuka Control Center.

 

Kontrol

Kontrol pada Android Wear masih menggunakan sentuhan pada layar seperti biasa namun tidak mendukung multi touch screen seperti pada HP Android. Cara lain adalah dengan menggunakan Voice Search seperti dengan berbicara kepada Android Wear anda dan anda dapat mencari tempat makan atau navigasi menuju tempat tertentu.

Kontrol pada Apple Watch sebenarnya hampir serupa dengan Android Wear yaitu dengan menggunakan sentuhan pada layar. Perbedaan yang cukup mencolok adalah dengan adanya "Digital Crown" di bagian samping Apple Watch, berupa tombol yang dapat digunakan untuk melakukan zoom, scroll, memulai menggunakan Siri ataupun untuk kembali ke Home Screen setelah membuka sebuah aplikasi.

 

Fitur

Fitur utama dalam Android Wear tentunya adalah dengan terhubung dengan hp Android atau tablet Android. Sebagaimana di Moto 360 atau Galaxy Gear yang memang harus terhubung dengan gadget masing-masing. Notifikasi,memainkan musik bahkan GPS tentunya membuat HP atau Tablet Android anda sangat bekerja keras yang terkoneksi lewat WIFI atau Bluetooth. Namun setelah Google meluncurkan OS Lollipop, terdapat fitur baru sehubungan dengan memainkan musik secara offline serta build in GPS yang dapat mengurangi kerja dari HP atau Tablet Android anda

Dalam hal fitur, hal serupa juga dimiliki di Apple Watch, pengguna Apple Watch harus memiliki Iphone dengan seri tertentu agar dapat melakukan sinkronisasi. Dengan melakukan sinkronisasi ini pengguna Apple Watch dapat mengkases notifikasi, penggunaan GPS dll. Hal lain yang merupakan fitur dalam Apple Watch adalah "Taptic Engine" yang dapat memberikan vibrasi saat menunjukkan navigasi menuju tempat tertentu melalui GPS.

 

Daya Tahan Batre

Mengenai masalah daya tahan batre, baik Android Wear maupun Apple Watch memiliki daya tahan sekitar 18 jam. Hal ini tidaklah dapat dipastikan karena masalah daya tahan batre tentunya akan tergantung pemakaian dari jam tangan canggih ini.

 

Harga

Mengenai masalah harga sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa semua produk Apple berada di kelas premium atau kelas atas. Untuk Android Wear anda memiliki banyak variasi harga mulai dari yang berharga di bawah 1 juta sampai dengan di atas 5 juta rupiah. Kemudian bagaimana dengan Apple Watch? Harga Apple Watch dimulai dari USD 349. Namun tentunya harga tersebut tidak bisa menjadi acuan karena saat sampai ke Indonesia akan terkena pajak dll.

Sumber: http://wearinasia.com/