Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Overview Jaringan Wireless

Posted : 7 - 8 - 2015

Apa yang dimaksud dengan Jaringan Wireless?

Jaringan wireless adalah jaringan komputer yang tidak terhubung oleh berbagai jenis kabel. Penggunaan jaringan ini memungkinkan perusahaan untuk menghindari biaya proses pemasangan kabel di bangunan atau dalam menghubungkan peralatan yang berbeda lokasi. Dasar dari sistem wireless adalah gelombang radio yang dilaksanakan pada tingkat struktur jaringan. Jaringan wireless menggunakan gelombang radio dalam menghubungkan berbagai macam piranti, seperti laptop dengan Internet atau jaringan bisnis dan aplikasi.

Apa itu Microwave Wireless?

Sebuah gelombang radio yang panjang gelombangnya lebih pendek dari gelombang radio biasa, tapi jauh lebih besar dari gelombang cahaya (di luar spektrum sinar tampak). Panjang gelombangnya termasuk ultra-short (sangat pendek) sehingga disebut juga mikro dan lahirlah istilah microwave.

Apa itu Fixed Wireless Internet?

Sejak broadband fixed wireless broadband mengirimkan data melalui gelombang radio daripada kabel,  fixed wireless Internet menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan jasa layanan Internet yang menggunakan kabel tembaga atau serat optik

Ketika orang mendengar istilah "internet wireless", banyak yang mengasosiasikannya dengan ponsel. Namun, jaringan fixed wireless Internet adalah koneksi dari satu titik ke titik lain yang menghubungkan lokasi-lokasi tetap sebagai kebalikan dari perangkat mobile. Sistem fixed wireless Internet-disebut juga jaringan microwave wireless, mengirimkan data lewat gelombang radio berfokus tinggi ke antena. Sekali sinyal tersebut sampai ke target, data akan ditangkap dengan antena lalu bergerak melalui jaringan Ethernet bangunan. Apakah keunggulan-keunggulan sistem ini bila dibandingkan dengan layanan transmisi data dengan kabel?

Keuntungan Fixed Wireless Internet

Dengan menggunakan gelombang radio dalam mengirim data, fixed wireless Internet menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan layanan berbasis kabel.

  • Akses informasi yang lebih baik:
    Jaringan wireless memungkinkan sebuah organisasi untuk membawa akses jaringan ke area yang sulit dijangkau oleh jaringan tradisional yang menggunakan kabel. Akses informasi saat ini juga (real-time) secara cepat dimanapun organisasi tersebut berada
  • Penyebaran secara cepat:
    Layanan Internet dengan kabel fiber optik membutuhkan investasi waktu yang signifikan untuk perluasan sehubungan dengan ketergantungan akan bawah tanah sebagai tempat kabel fiber diletakkan. Ini berbeda dengan fixed wireless Internet yang menyediakan koneksi kecepatan kabel fiber dan dapat diperluas kurang lebih beberapa hari bahkan beberapa jam untuk situasi tertentu.
  • Resiko pemasangan yang rendah:
    Pemasangan infrastruktur untuk layanan fixed wireless Internet relatif lebih sederhana daripada layanan dengan kabel. Ketika tempat usaha meminta penyedia layanan fixed wireless untuk memasang alatnya, maka akan dipasang antena kecil menggunakan non-penetrating tripod di atap gedung. Dari sana, Cat5/6 atau fiber dihubungkan ke semua sektor bisnis yang terdapat di gedung yang sudah ditata untuk terhubung dengan layanan internet dengan koneksi Ethernet sesuai dengan lokasi jaringan pelanggan. Hal ini mengurangi waktu menunggu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menikmati koneksi internet dengan kecepatan fiber. Layanan fixed wireless meminimalkan dampak dari infrastruktur.
  • Kecepatan pengiriman data dengan latensi rendah:
    Fixed wireless Internet menyediakan layanan internet secara dedicated point-to-point. Karena data pengguna bergerak melalui sebuah gelombang radio langsung dari satu titik ke lainnya, kecepatan Internet yang melebihi 1 Gbps (1.000 Mbps) sangat mungkin dengan latensi yang sangat rendah. Jika sebuah bisnis membutuhkan layanan berkualitas tinggi, dedicated bandwith, dengan latensi rendah, maka layanan fixed wireless Internet adalah solusi yang paling efektif dari segi biaya.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan kolaborasi:
    Link wireless di usaha Anda memungkinkan untuk berbagi dokumen dan secara efektif berkolaborasi dengan seluruh tim. Hal ini berdampak pada para pekerja agar dapat lebih produktif dan lebih potensial karena mereka dapat bekerja di lokasi yang nyaman dan bebas untuk berpindah dari meja ke meja atau dari satu ruang ke ruang lainnya.
  • Kehandalan:
    Kabel bawah tanah yang digunakan penyedia Internet memiliki kondisi yang rapuh karena bisa saja mereka rusak ketika penyedia layanan lain bekerja di jalur kabel yang sudah tertanam. Hal ini meningkatnya resiko gangguan pada layanan. Sebagai alternatif, karena fixed wireless Internet menghantarkan data melalui udara, kemungkinan terjadi kerusakan infrastruktur pun kecil. Hal ini memungkinkan sistem menjamin 99.99% uptime.
  • Keamanan:
    Jaringan fixed wireless Internet mempekerjakan lebih banyak enkripsi dan tingkat keamanan daripada koneksi internet biasa. Koneksi internet dedicated point-to-point dengan fixed wireless Internet sebenarnya lebih aman daripada koneksi standar. Fasilitas koneksi jaringan wireless dalam usaha Anda menyediakan keamanan akses ke Internet untuk pengunjung seperti pelanggan atau rekan bisnis