Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Microwave Fixed Wireless Internet Mengalahkan Kabel Fiber Optik

Posted : 7 - 8 - 2015

Perusahaan telepon dan kabel telah menempatkan fiber optik sebagai teknologi internet termutakhir dalam beberapa waktu. Namun, kenyataanya fiber optik memiliki kekurangan yang telah diketahui oleh penyedia layanan Internet berbasis wireless microwave. Para ahli di dunia sudah mulai mengakui apa yang dikatakan para insinyur di JAB Broadband: microwave lebih cepat, latensi rendah, biaya lebih murah dari fiber optik.

Jaringan wireless microwave mengirimkan dan menerima sinyal radio melalui udara yang memungkinkan pengiriman data dengan kecepatan tinggi dengan latensi yang sangat rendah. Keuntungan-keuntungan lain:

  • Infrastruktur yang diperlukan tidak banyak.
  • Kecepatan tinggi karena data bergerak langsung ke tujuan (point-to-point)
  • Biaya logistik dan pengoperasian lebih kecil
  • Ketersediaan yang melimpah
  • Latensi rendah


Wall Street dan instansi-instansi perdagangan lainnya juga telah memperhatikan hal ini. Aplikasi perdagangan memerlukan latensi rendah dan banyak perdagangan global yang berpindah ke teknologi microwave karena mengurangi latensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Sementara kabel fiber mendominasi teknologi, lebih banyak bisnis yang mencari kecepatan, latensi, dan biaya rendah yang disediakan oleh gelombang mikro.

Karena frekuensi microwave bergerak melalui udara dan tidak memerlukan saluran untuk diarahkan, hal ini menyediakan kecepatan yang lebih baik, dan siaran yang lebih handal. Lebih lanjut, biaya instalasi pemasangan kabel fiber optik relatif lebih tinggi dari pada antenna microwave fixed wireless. Pemasangan kabel fiber optik dengan radius 25 mil membutuhkan sepuluh orang pekerja dengan waktu hampir 10 minggu pemasangan. Sedangkan, koneksi fixed wireless hanya membutuhkan dua orang yang bekerja dengan waktu kurang dari satu hari dengan radius yang sama. Biaya instalasi yang lebih rendah berarti meringankan jumlah yang harus dibayar di awal juga jangkauan lebih luas. Artinya, lebih banyak pengguna dapat memperoleh layanan microwave fixed wireless yang lebih cepat dari pada layanan fiber. Lelah menunggu, microwave fixed wireless merupakan pilihan yang lebih baik dan tersedia saat ini. 

Main source: http://www.skybeam.com/blog/microwave-fixed-wireless-internet-trumps-fiber-optic-cables/