Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Lima Situs Penyedia Icon Font Gratis

Posted : 7 - 8 - 2015

Ikon bisa dibilang hal kecil yang memiliki peran penting dalam desain situs Anda. Dimana ikon bisa menjadi alternatif untuk mengarahkan pengguna ke sebuah aksi. Misalnya ikon dengan bentuk headphone pada sebuah tombol yang menandakan tombol tersebut untuk musik. Disamping itu ikon juga bermanfaat untuk membuat desain menjadi lebih minimalis dan bersih. Untuk itu kali ini saya telah merangkum, lima situs penyedia Icon Font gratis untuk situs yang sedang Anda gunakan. Oh ya, icon font merupakan font yang tidak menampilkan huruf, melainkan ikon, sehingga bisa diatur dengan mudah layaknya element font biasa.

Icomoon

Icomoon menyediakan icon font dan memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan membuat ikon mereka sendiri. Dengan Icomoon, pengguna bisa melakukan kostumisasi dengan mudah terhadap nama, warna, dan ukuran dari ikon tersebut dengan mudah.

 

Fontastic

Jadi bayangkan apabila Anda memiliki ratusan ikon dan ingin mengubah warna atau ukuran tersebut satu per satu tentunya sangat merepotkan. Dengan Fontastic bisa dengan mudah mengkostumisasi ukuran, warna, nama, hingga menambah efek bayangan dari ikon-ikon yang telah mereka buat.

 

Fontello

Fontello merupakan proyek open source yang memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai item dari seperangkat icon font untuk bisa membuat ikon. Pengguna juga bisa melakukan pencarian item dengan spesifikasi tertentu secara mudah, kemudian melihat tinjauan dari ikon tersebut kemudian mengubah nama dari ikon tersebut.

 

Pictonic

Pictonic menawarkan dua versi yaitu gratis dan berbayar. Situs ini juga menyediakan mesin pencari untuk mempermudah pencarian ikon dan pengguna juga bisa melakukan filter kategori untuk menemukan ikon yang diinginkan. Setelah memilih ikon, pengguna bisa lanjut mengunggah ikon dengan berbagai format termasuk berkas-berkas file CSS, SVG, dan PNG.

 

Pictos

Pictos menyediakan berbagai jenis icon fonts gratis. Fitur Pictos Server pengguna bisa melakukan kostumisasi desain ikon yang mereka kehendaki dengan memilih berbagai ikon yang telah disediakan oleh Pictos. Setelah itu, Pictos akan menghasilkan seperangkat kode yang bisa diintegrasikan dengan situs yang sedang Anda gunakan. Pictos menyediakan sekitar 650 lebih ikon yang bisa dipilih dan dikostumisasi.

Sumber: http://id.techinasia.com/