Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

6 Panduan Memilih Smartwatch

Posted : 7 - 8 - 2015

Kemunculan smartwatch alias jam pintar membuat pergelangan tangan Anda terlihat "lebih seksi" dimata publik. Smartwatches mengubah bagian tubuh yang sering luput dari perhatian jadi lebih diperhatikan. Nama-nama besar seperti Samsung, LG, Apple, dll menciptakan smartwatch canggih yang mampu memberikan notifikasi, alerts, aplikasi dll langsung ke pergelangan tangan Anda. Lalu bagaimana cara memilih smartwatch yang bagus dan cocok dengan kebutuhan dan budget Anda ?

 

1.  Sistem operasi dan kompatibilitas

Kebanyakan smartwatch bukanlah perangkat yang berdiri sendiri, melainkan dirancang secara khusus sebagai perangkat pendamping smartphone. Smartwatch terhubung melalui Bluetooth dan selalu dalam jangkauan nirkabel smart phone. Oleh karena itu faktor operating system (OS) dan kompatibilitas sangat penting artinya.

Misalnya, jika Anda pengguna iPhone maka lebih baik memilih Apple Watch, dan jika Anda pengguna smartphone Android maka lebih baik memilih smartwatch merk Samsung, LG, atau Sony dll. Pastikan bahwa smartwatches yang Anda pilih kompatibel dengan ponsel pintar milik Anda. Walaupun di pasaran mungkin ada juga smartwatch yang kompatibel baik dengan iOS ataupun Android.

 

2. Interface : tombol atau layar sentuh

Smartwatch tipe layar sentuh tampaknya bakal lebih banyak dipilih oleh konsumen. Apalagi sekarang ini layar sentuh sudah menjadi tren sebagian besar gadget yang ada di pasaran. Interface model layar sentuh juga lebih mudah dalam navigasi, walaupun untuk sebagian orang mungkin kesulitan untuk mentarget item tertentu pada display sentuh yang lumayan kecil.

Pada sisi lain, smartwatch dengan tombol fisik cenderung lebih terjangkau dari pada model layar sentuh. Sejumlah orang malahan lebih suka tampilan smartwatch "klasik" layaknya jam tangan tradisional.

 

3. Notifikasi dan alerts

Smartwatch akan mengingatkan Anda jika ada panggilan masuk, miscall, email, alarm, atau pesan teks lainnya. Notifikasi bisa berupa tampilan ikon, suara bip, atau getaran. Selain itu smartwatch bagus juga terintegrasi dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sehingga notifikasi dari situs social network bisa langsung disampaikan. Pastikan Anda bisa dengan cepat memeriksa semua notifikasi terbaru maupun notifikasi yang terlewatkan

 

4. Fitur khusus smartwatch

Seiring dengan pentingnya alat pelacak kebugaran (fitness trackers), para pembuat smartwatch pun mengintegrasikan fungsi-fungsi monitoring aktifitas ke dalam smartwatches. Misalnya pedometer, accelerometer, monitor denyut jantung, atau fitur GPS. Fitur-fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melacak kecepatan lari, jarak tempuh, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung dll, sehingga kebugaran dan kesehatan lebih terjaga.

Musik. Simpan koleksi music di internal memori untuk akses cepat, atau mendownload aplikasi tertentu untuk mengakses koleksi music yang tersimpan di smartphone Anda.

Link alarm. Memberikan peringatan suara atau getaran jika perangkat Anda berada di luar jangkauan nirkabel. Fitur ini sekaligus bisa menjadi peringatan pertama jika ponsel pintar Anda hilang dicuri orang. Pencurinya pasti belum jauh dari tempat Anda berada.

 

5. Display : Hitam putih atau berwarna

Smartwatch dengan display hitam putih (atau sering disebut E ink atau E paper) punya kelebihan lebih hemat baterai dan tidak silau jika dilihat di tempat terang (luar ruangan). Sedangkan display berwarna memungkinkan melihat foto, aplikasi dan konten lain dengan lebih nyaman.

 

6. Gaya / tampilan smartwatch

Smart watch datang dengan beberapa gaya atau tampilan. Ada gaya klasik dengan tampilan mirip arloji dengan tali kulit atau stainless steel. Ada juga tampilan modern dengan tali terbuat dari silicon fleksibel. Selain itu ada juga smartwatch yang water proof atau waster resistant, serta kacanya diperkuat lapisan gorilla glass sehingga tahan goresan.

Salah satu manfaat smartwatch yang utama adalah penggunanya akan senantiasa well informed dengan update terbaru serta senantiasa terhubung dengan pihak lain. Karena itu pengguna akan lebih percaya diri menjalankan segala aktivitas di era informasi ini

Sumber: http://elektronikgadget.com/