Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

4 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Baru

Posted : 7 - 8 - 2015

Menguasai lebih dari satu bahasa tentunya sangat bermanfaat. Khususnya apabila Anda suka melakukan traveling atau perjalanan bisnis. Dengan menguasai bahasa yang digunakan di negara tersebut Anda bisa berkomunikasi dengan baik. Berikut adalah kumpulan aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa baru.

Duolingo


Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi. Duolingo menawarkan beragam bahasa yang bisa dipelajari mulai dari bahasa Prancis, Italia, Spanyol, Jepang, Mandarin, dan lainnya. Duolingo menggunakan sistem gamifikasi dimana pengguna akan kehilangan poin "kehidupan" apabila melakukan kesalahan dan akan mendapatkan koin apabila berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan. Duolingo akan mengajarkan pengguna membaca, menulis, dan mendengar bahasa baru secara bertahap melalui sejumlah level.

 

Lingvist


Lingvist memiliki moto yaitu belajar bahasa selama 200 jam. Hal ini didasari dari hasil riset yang telah dilakukan Lingvist, dimana durasi tersebut merupakan waktu yang diperlukan seseorang untuk mencapai tahap memahami bahasa baru. Pendekatan yang digunakan Lingvist adalah dengan mengajarkan kata-kata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti "halo", "selamat pagi", "pria", "wanita", dan lainnya.

 

Busuu


Busuu pada dasarnya merupakan media sosial untuk belajar bahasa. Akan tetapi mereka juga menyediakan aplikasi untuk membantu pengguna menguasai bahasa baru. Ada 12 pilihan bahasa yang bisa dipelajari melalui aplikasi ini. Pendekatan yang digunakan aplikasi ini adalah dengan mengajarkan kata-kata dan kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kata dan kalimat tersebut terbagi dalam beberapa tema seperti pekerjaan, perasaan, makanan, kota, dan lainnya.

 

Memrise


Memrise menggunakan metode kartu-kartu bergambar atau flashcard untuk melatih pengguna memahami kosa kata baru. Aplikasi ini menyediakan hampir semua bahasa dari berbagai belahan dunia. Dan setiap bahasa memiliki beragam pilihan kursus yang bisa dicoba seperti mempelajari kata-kata atau kalimat-kalimat dasar. Hal ini terjadi karena Memrise tidak hanya memungkinkan pengguna untuk belajar bahasa baru, tapi juga memungkinkan pengguna untuk menjadi pengajar dengan memberikan latihan-latihan tertentu.

Sumber: http://id.techinasia.com/