Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Tips Mendapatkan Windows 10 Secara Gratis

Posted : 7 - 8 - 2015

Sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10 akan bisa dinikmati di 190 negara dalam hitungan hari saja. Untuk bisa mencoba OS baru ini secara gratis, Anda bisa melakukan cara berikut:

Memiliki Windows 7, 8, 8.1, atau Windows Phone 8.1
Hal ini memang bukan berita baru, karena di awal tahun ini Microsoft sudah mengumumkan bila pengguna Windows versi sebelumnya akan mendapat upgrade gratis ke Windows 10. Namun kami sekadar mengingatkan bila Anda lupa, bahwa Anda hanya bisa menikmati OS ini secara gratis dalam setahun pertama pemakaian. Setelahnya Anda harus membeli lisensi. Satu hal yang tak kalah penting, bila Anda terlambat untuk melakukan upgrade, maka kesempatan untuk bisa mencicipi versi gratis Windows terbaru ini akan hangus.

Menjadi beta tester dan mengikuti program Insider
Solusi ini cocok untuk Anda yang sebelumnya tidak memiliki Windows 7 ataupun Windows 8 versi orisinal. Sederhananya, Anda akan mendapatkan versi preview Windows 10 ketika memutuskan untuk menjadi beta tester. Apa saja prosedur untuk mengikuti program ini?

Memiliki akun Microsoft
Bila Anda sudah pernah menggunakan layanan resmi Microsoft, seperti Office atau Live, seharusnya Anda sudah memiliki akun Microsoft. Bila belum, cukup melakukan proses sign-up yang tentunya tidak sulit. Perlu dicatat bahwa Anda harus mengikuti program ini sampai tanggal peluncuran Windows 10 versi ritel, 29 Juli 2015.

Login ke laman Insider
Bila Anda sudah memiliki akun Microsoft, maka Anda hanya perlu melakukan login ke laman Insider. Setelahnya Anda bisa memilih untuk Get started PC, atau Get started Phone (versi mobile).

Get The Preview
Akhirnya yang ditunggu-tunggu siap dicicipi, Anda hanya perlu mengunduh file ISO dari Windows 10 dengan memilih Get The Preview, setelah sebelumnya membaca term and condition. Microsoft sebenarnya menawarkan fitur Start Upgrade Now untuk upgrade dari Windows sebelumnya, namun sebaiknya Anda mengunduh file ISO seluruhnya.

Memilih versi Windows 10 yang sesuai
Serupa dengan versi Windows sebelumnya, Windows 10 menyediakan pilihan 32-bit dan 64-bit. Bagaimana cara memilihnya? Hal ini tergantung pada RAM PC atau laptop Anda. Bila kurang dari 4 GB, Anda bisa memilih versi 32-bit; sementara bila lebih dari 4 GB, tentunya akan lebih optimal jika Anda memilih 64-bit. Hal ini dikarenakan OS 32-bit hanya akan membaca RAM Anda sampai 4 GB saja.

Instalasi
Setelah mengunduh ISO, apa lagi berikutnya? Tentu saja instalasi. Jangan lupa untuk mencatat Product Key dari situs Insider dan login dengan akun Microsoft yang dipakai untuk mendaftar Insider. Setelah Windows 10 versi Ready to Manufacture (RTM) keluar, maka Anda cukup melakukan upgrade melalui Windows Update atau mengunduh ISO baru.

Bagaimana nasib pengguna Windows bajakan?
Kami sama sekali tidak merekomendasikan Anda menggunakan software atau aplikasi bajakan. Namun bila di masa lalu Anda terlanjur menggunakan OS ini secara ilegal, Microsoft ternyata juga memberikan kesempatan upgrade ke Windows 10. Syaratnya sederhana saja, Anda harus melakukan upgrade selama maksimal satu tahun setelah Windows 10 diluncurkan. Namun mengingat pada Insider juga tersedia fitur Start Upgrade Now, besar kemungkinan Anda harus mengikuti program yang sama juga.

Seperti layaknya OS baru, saya cenderung menahan diri untuk melakukan upgrade. Besar kemungkinan Microsoft masih melakukan pembenahan di sana-sini untuk menyempurnakan OS baru mereka. Terlebih lagi ketersediaan driver yang hampir bisa dipastikan belum lengkap bila Anda menggunakan banyak peripheral. Namun bila Anda penasaran, saya menyarankan untuk tidak menggunakan PC utama yang dipakai untuk bekerja sehari-hari.

Sumber: http://id.techinasia.com/