Media Komunikasi D~NET Surabaya, Malang dan Bali

Membersihkan Smartwatch tanpa mahal dan repot

Posted : 7 - 8 - 2015

Smartwatch sama dengan barang lainnya yang akan kotor apabila dipakai beraktifitas, mulai dari debu dan minyak tubuh adalah hal yang sudah pasti akan hinggap di permukaan wearable tersebut, baik di bagian tali jam atau jam itu sendiri. Membersihkannya bukanlah hal yang sulit selama mengenali bahan dasar dari jam yang dimiliki, misalnya memiliki Moto 360 dan menggunakan tali jam bawaan yang berbahan dasar kulit, itu artinya pemilik harus menyesuaikan alat dan cairan pembersih yang digunakan agar kulit dari tali jam tidak cepat pudar. Hal yang paling menggembirakan ialah alat pembersih yang diperlukan bisa jadi sudah Anda miliki, sehingga tidak perlu merogoh kocek lagi.

Persediaan yang harus disiapkan untuk membersihkan smartwatch adalah:

  • Air
  • Sabun cair
  • Cairan alkohol
  • Asam cuka
  • Kain yang menyerap basah
  • Kaus kaki bekas
  • Saringan kopi
  • Sikat gigi
  • Mari kita mulai proses pembersihan mulai dari satu bagian ke bagian lainnya:

 

1. LAYAR

Rendam dan peras kain penyerap basah Anda. Tunggu sampai kering dan basuh layar smartwatch. Gunakan air hangat atau air yang dicampur sabun cair secukupnya. Tetapi bila metode ini belum mampu membersihkan layar smartwatch, gunakan saringan kopi yang telah sedikit dibasahi sebagai pembasuh.

Apabila smartwatch Anda tahan air,  rendam pada wadah yang berisikan air hangat atau air yang telah bercampur dengan sedikit sabun cair sehingga bekas sidik jari atau kotoran lain pada layar jam memudar. Namun bila hal ini belum bisa membuat layar smartwatch kembali berkilau, borehkan cuka secukupnya pada kain pembersih dan kembali basuh layar tersebut. Satu hal yang harus Anda ingat, jangan gunakan pembasuh yang memiliki permukaan kasar karena dapat membuat lecet smartwatch.

 

2. TALI JAM ATAU STRAP

Pilih metode membersihkan tali jam berdasarkan bahan dasar dari tali jam yang dimiliki:

A. Kulit
Selalu ingat untuk membersikan tali jam berbahan dasar kulit dengan pembersih khusus kulit. Ada beberapa merek yang bisa menjadi pilihan, namun Anda tidak perlu membeli lagi apabila telah memiliki cairan pembersih kulit sepatu. Tes efek dari cairan pembersih dengan sedikit meneteskannya di permukaan kulit guna memastikan warna tidak pudar. Pada proses ini gunakan kaus kaki bekas yang masih bersih sebagai media pembasuh.

B. Silikon
Silikon merupakan bahan yang paling mudah untuk dibersihkan karena tidak memerlukan perlakuan khusus seperti tali jam berbahan dasar kulit atau metal. Cukup gunakan sabun cair, campurkan pada air hangat, dan basahi pembasuh sebelum membersihkan tali jam. Bila noda masih membandel dan smartwatch memiliki kemampuan water resistant, rendam smartwatch pada wadah dan mulailah menguceknya secara perlahan-lahan.

C. Metal
Sela-sela dari tali jam berbahan metal membuatnya mudah kotor. Celupkan pada air yang telah dicampur sabun cair, gosok secara halus dengan menggunakan sikat gigi, dan kembali bilas dengan air hangat sebelum mengusapnya sampai kering.

Sela-sela
Tahun lalu sempat ada artikel yang menyatakan bahwa tingkat kebersihan smartphone sama rendahnya dengan sebuah toilet. Sela-sela smartphone dianggap sebagai tempat bersarangnya berbagai jenis kuman atau kotoran. Tak jauh berbeda, smartwatch juga memiliki ciri sela-sela yang kurang lebih sama, sehingga pemiliknya harus lebih jeli saat membersihkannya.

Untuk mengatasi kesulitan menjangkau sela-sela pada smartwatch, gunakan Cotton bud alias pengorek kuping yang sudah dibasahi dengan alkohol (jangan gunakan pada bahan berbahan dasar kulit), utamakan penggunaanya pada materi berbahan dasar metal dan plastik. Bila hal ini belum menyelesaikan masalah, gunakan jarum pentul untuk mencongkel kotoran yang membandel secara perlahan.

Sumber: http://wearinasia.com/