FOLLOW US :

Tips Menjual Barang Dagangan di Forum Jual Beli

Posted : 27 - 8 - 2013

Sering kali kita ingin menjual barang baru maupun yang sudah tidak dipakai, namun bingung memilih sarananya. Salah satu contohnya adalah menjual smartphone atau ponsel. Biasanya jika kita menjual di toko-toko, seperti di ITC Roxy Mas atau ITC lainnya, sering kali barang kita dihargai sangat rendah.

Namun perkembangan teknologi kini membuat kita dapat berlaku seperti penjual yang ada di Roxy, dengan tanpa membuka toko di sana, melainkan toko virtual di suatu forum. Soal harga, tentunya akan bisa terjual lebih tinggi karena kita menjual kepada pengguna langsung, bukan penjual.

Selain barang elektronik, kita juga dapat menjual berbagai macam barang yang kita inginkan, dari aksesoris, baju, makanan hingga kendaraan atau otomotif. Kita dapat membuka toko virtual tersebut, seperti  di forum jual beli Kaskus, Toko Bagus, Berniaga, dan forum Classified jual beli CHIP.

Bagaimana cara yang tepat agar barang dagangan kita dilihat orang dan tertarik untuk membelinya? Berikut beberapa tips membuka "lapak" atau toko virtual, berdasarkan pengalaman redaksi CHIP:

  • Sebelum menjual, risetlah terlebih dahulu barang atau jasa serupa yang dijual pada forum (misalnya Kaskus). Ini dapat membantu Anda memilih kategori dan harga terbaik untuk barang Anda.
  • Memasang judul yang menarik. Misalkan jika barang yang kita jual barang bekas, cantumkan jika memang barang tersebut masih dalam kondisi yang baik, seperti 100% mulus, 98% mulus seperti baru.
  • Unggah foto sebaik dan sejelas mungkin, sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli barang Anda. Foto yang diungah harus asli foto barang yang Anda jual, bukan mengambil dari website atau milik orang lain.
  • Perlihatkan kelebihan serta kekurangan barang yang Anda miliki
  • Cantumkan kondisi dan kelengkapan barang selengkap mungkin, untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan saat dihubungi calon pembeli.
  • Cantumkan nomor yang bisa dihubungi, dan metode pembayaran dan transaksi. Metode yang paling disenangi adalah COD, atau Cash on Delivery karena pembeli dapat secara langsung melihat kondisi barang, tentu saja jika pembeli dan penjual ada pada daerah yang sama.
  • Memasang harga yang masuk akal dan sesuai dengan jenis dan kondisi barang.

Sumber: CHIP.co.id