FOLLOW US :

Posisi Indonesia di Percaturan Teknologi Dunia

Posted : 1 - 9 - 2013

Masyarakat Indonesia semakin akrab dengan dunia teknologi. Adopsi ponsel misalnya, sudah sangat tinggi. Hampir semua orang memiliki setidaknya satu ponsel.

Demikian juga dengan penggunaan internet. Meski memang masih belum merata, pengguna internet Indonesia terus menunjukkan angka pertumbuhan.

Seperti apa posisi Indonesia dalam percaturan teknologi dunia? Berikut beberapa datanya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

 

1. Jumlah Pengguna Internet

Hasil survei dari MarkPlus Insight Netizen Survei menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di indonesia telah mencapai 61 juta orang pada tahun 2012. Jumlah itu membuat persentase pengguna internet dibanding jumlah penduduk adalah 23,5%.

Dari jumlah tersebut, 40% di antaranya mengakses internet lebih dari 3 jam sehari. Adapun jumlah pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile seperti ponsel dan tablet mencapai 58 juta jiwa.Sebuah penelitian yang dikutip detikINET dari Silicon India menyebutkan Indonesia menempati posisi ke delapan negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia.

Penelitian dari Boston Consulting Group menilai jumlah pengguna internet di Indonesia akan terus meningkat. Sampai angka tiga kali lipat di tahun 2015 dibandingkan tahun 2010.

 

2. Jumlah Pengguna Ponsel

Analisis lembaga intelijen Amerika Serikat, CIA, menyebutkan bahwa jumlah pengguna ponsel di Indonesia cukup tinggi. Mencapai 236,8 juta pelanggan seluler. Dari jumlah itu, belum terdata berapa orang yang memiliki ponsel lebih dari satu. Indonesia pun menempati posisi kelima negara dengan jumlah pengguna ponsel terbanyak di dunia.

Tidak bisa dipungkiri, pasar terbesar ponsel di Indonesia adalah feature phone, alias ponsel jadul yang hanya menawarkan fungsi komunikasi dasar seperti menelepon dan SMS. Meski adopsi smartphone tercatat makin melonjak. Riset dari lembaga AC Nielsen mencatat 95% pengguna ponsel di Indonesia memanfaatkan alat itu untuk menjelajahi Internet. Bahkan tidak sedikit penduduk yang memiliki ponsel, tapi tidak memiliki komputer atau laptop.

 

3. Adopsi Smartphone

Menurut hasil riset Growth for Knowledge (GfK) pada 2012 lalu, sekitar 13 juta unit smartphone terjual di Indonesia. Tahun ini diperkirakan penjualan smartphone tumbuh menjadi 20 juta unit smartphone terjual. Dari 13 juta smartphone yang terjual tahun 2012 lalu, sekitar 50% adalah smartphone dengan harga di bawah Rp 1,5 juta.

Berarti, penetrasi smartphone di Indonesia masih cukup rendah. Baru berkisar 20% dari total populasi pengguna ponsel yang ada. Namun demikian menurut Gfk, Indonesia adalah pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara. Jumlah pertumbuhan penjualan smartphone di atas 50%.

4. Jumlah Pengguna Media Sosial

Penduduk Indonesia dikenal sebagai penggemar media sosial seperti Facebook atau Twitter. Jumlah pengguna Facebook Indonesia di kisaran 48 juta. Berdasarkan penelitian allfacebook.de, Indonesia menempati posisi keempat negara dengan pengguna Facebook terbesa di dunia. Hanya dikalahkan oleh Amerika Serikat, Brazil dan India.

Jumlah pengguna Twitter di Tanah Air juga sangat banyak. Bahkan Jakarta yang identik dengan macet ini didapuk sebagai kota yang paling aktif berkicau di situs mikroblogging tersebut. Menurut lembaga analis Semiocast yang dilansir TechCrunch, Jakarta menyumbang sekitar 2,4% tweet yang lalu lalang. Angka ini berdasarkan riset yang meneliti sampel sebanyak 1,058 miliar tweet publik sepanjang bulan Juni 2012.

Indonesia sendiri masih bercokol di posisi lima dalam ranking per negara dengan estimasi 29,4 juta pengguna Twitter. Tanah Air berada di bawah Inggris yang memiliki 32,2 juta pengguna..

 

5. Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet di Indonesia harus diakui memang belum begitu ngebut. Namun menunjukkan sedikit peningkatan dari tahun ke tahun. Menurut riset State of Internet dari Akamai, kecepatan koneksi rata-rata internet di Indonesia di kuartal 1 2013 adalah 1,53 Mbps.

Tingkat kecepatan internet tersebut lebih baik dari beberapa negara tetangga. Misalnya Filipina yang hanya 1,42 Mbps ataupun Vietnam dengan 1,43Mbps. Meski dari negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand, Indonesia ketinggalan. Apalagi dibandingkan Korea Selatan atau Jepang yang kecepatan aksesnya sudah mencapai 14,1Mbps dan Jepang dengan 11,5Mbps.

Sumber: detik.com