Follow Us


Mirrorless Camera
Meski Kecil, Performa Setara DSLR

Posted : 4 - 9 - 2012

Sejak 2008, dunia kamera digital dimeriahkan dengan keluarga baru yang dikenal dengan mirrorless camera. Keluarga ini memiliki cara kerja yang mirip DSLR, lengkap dengan kemampuan untuk berganti lensa (interchangeable lens) kecuali pada satu komponen, yaitu tidak adanya reflective mirror yang memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Hilangnya komponen mirror menyebabkan tidak adanya optical viewfinder (digantikan oleh electronic viewfinder) dan memungkinkan body kamera lebih tipis daripada DSLR.

Hasilnya adalah kamera-kamera dengan body seukuran kamera kompak (poket) dengan "mata" yang besar. Untuk hasil gambar sendiri mirrorless camera bila dibandingkan dengan DSLR tidak jauh berbeda. Kecepatan dalam melakukan fokus terhadap obyek pemotretan juga tidak kalah cepat.

Seperti kamera mirrorless yang di produksi oleh Nikon, Sony, dan Olympus hasilnya sudah tak dapat diragukan lagi. Kadang fotografer merasa bahwa mirrorless sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai kamera profesional yang menemani mereka melakukan aktivitas kerja.

Salah satu kelebihan mirrorless camera dalam melakukan pengambilan gambar lebih cepat dibanding dengan kamera DSLR. Hal itu dikarenakan pantulan cahaya langsung mengenai image sensor tanpa melalui mirror terlebih dulu.

Hal yang terasa saat kita menggunakan jenis kamera ini yaitu pada saat pengambilan gambar kamera ini sama sekali tidak berisik. Berbeda dengan kamera DSLR yang berbunyi jepret saat mengambil gambar, hal ini disebabkan ketika menekan tombol shutter terjadi flip up pada mirror tersebut.

Selain compact, mini dan ringan lensa pada mirrorless kamera dapat diganti seperti pada DSLR. Jadi kita bisa melakukan berbagai jenis pemotretan mulai dari wide angel, zoom, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam ukuran lensa untuk mirrorless camera yang tersedia dipasaran, bahkan salah satu produsen mirrorless kamera sudah memberikan paket lensa lengkap untuk cameranya

Jadi tentukan pilihan anda sekarang, pilih mirrorlens kamera atau DSLR kamera. Masing-masing kamera tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Soal harga diantara keduanya juga tidak terpaut cukup jauh, bahkan kamera DSLR entry level lebih murah ketimbang mirrorless kamera. Jika anda menginginkan sebuah kamera mungil yang dapat diganti lensanya tentu tidak salah jika anda memilih mirrorless kamera, sedangkan bila anda butuh kamera yang lebih PRO dan terlihat macho sebaiknya pilih DSLR kamera karena saat ini pilihan filter lensa, ukuran, jenis dan berbagai pilihan lensa pada DSLR jauh lebih lengkap.

Tapi ini bukan harga mati, beberapa tahun kedepan si mungil ini mungkin akan menyaingi DSLR dan vendor kamera akan memberikan berbagai ukuran jenis lebih lengkap pada Mirrorless Camera.

 

Keuntungan Mirrorless Camera:

  1. Desain yang menarik, simple, mudah dibawa apalagi ditambah lensa pancake seperti SEL 16mm f/2.8 dari Sony Nex maka akan sangat mudah sekali dibawa.
  2. Sudah didukung untuk bisa berganti-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan
  3. Cocok sekali untuk Traveller
  4. Mempunyai hasil gambar sekelas DSLR dengan sensor yang sama besar dengan DSLR juga tentunya.
  5. Harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan DSLR
  6. Suara shutter yang tidak terlalu berisik, memungkinkan sekali untuk candid disegala situasi

Sumber: eragadget.com, galeriilmiah.wordpress.com