Follow Us


Mengungkap Jurus Hemat Marketing Apple

Posted : 4 - 9 - 2012

Apple ternyata punya strategi jitu untuk memasarkan produknya tanpa mengeluarkan biaya iklan besar-besaran. Hal itu tak sengaja terungkap saat mereka tengah berseteru dengan Samsung di persidangan.

Diungkapkan Phil Schiller, Chief Marketing untuk seluruh produk Apple dalam business insider. Untuk memperkenalkan produknya, Apple bertumpu pada dua strategi. Yakni memanfaatkan media untuk menciptakan ulasan yang positif dan menyisipkan produk mereka ke dalam film-film box office.

Seluruh strategi tersebut diterapkan Apple untuk semua produknya, contoh kasus pada peluncuran iPhone pada 2007 silam. Schiller mengaku Apple tidak mengeluarkan anggaran berlebih untuk beriklan.

"Itu tidak perlu," singkat Schiller. Apple juga berpendapat bahwa review yang dikeluarkan oleh media sudah cukup untuk membuat masyarakat melirik produk mereka.

Selain itu Apple juga mengaku bahwa salah satu karyawannya memang ada yang ditugaskan untuk mendekati pihak Hollywood. Hal ini dilakukan agar produk mereka dapat dengan mudah menyusup ke dalam film atau siaran televisi.

"Kami sangat bangga saat melihat produk kami digunakan oleh para bintang," Schiller menjelaskan.

Penampakan produk Apple dalam sebuah film memang kerap terlihat. Namun siapa sangka, hal ini termasuk bagian strategi Apple untuk memasarkan gadget mereka secara luas dengan dengan budget seminim mungkin.

Sumber: detik.com