Follow Us


Apple Patenkan Teknologi yang Membuat Ponsel Punya Perasaan

Posted : 4 - 9 - 2012

Bayangkan sebuah ponsel yang secara otomatis mematikan layar dan suaranya ketika dia merasakan sedang berada di dalam bioskop. Teknologi semacam itu tentu akan membuat para pecinta film senang. Teknologi mungkin akan muncul dalam iPhone yang akan datang, setidaknya jika Apple mewujudkan paten yang baru saja didapatkannya menjadi kenyataan.

Paten yang didapatkan Apple pada Selasa (28/8) tersebut digambarkan sebagai sebuah "alat dan metode untuk pelaksanaan kebijakan terhadap perangkat nirkabel." Teknologi ini merupakan cara untuk mengubah aspek perangkat mobile berdasarkan kejadian atau lingkungan di sekitarnya.

Contohnya, ponsel bisa menonaktifkan suara dan layarnya sendiri jika ia tahu sedang berada di bioskop. Ia juga bisa mencegah komunikasi dengan perangkat lain jika mendeteksi tengah berada di ruang kelas. Atau ia bisa secara otomatis beralih ke mode tidur jika memasuki daerah sensitif dimana suara adalah hal tabu.

Dalam skenario seperti ini, perangkat mobile akan berkomunikasi dengan titik akses jaringan (network access point) yang memberlakukan kebijakan tertentu, seperti membuat handset dalam keadaan diam atau mute. Pengguna bisa memilih menerima atau menolak koneksi dengan titik akses berdasarkan kebijakan tersebut. Sebuah titik akses tunggal juga bisa menawarkan beberapa kebijakan.

Penerapan kebijakan seperti itu bisa rumit. Sebagian besar dari kita tidak suka ketika ponsel orang lain berbunyi di bioskop, perpustakaan, atau tempat umum yang serupa. Tetapi beberap aorang akan hampir pasti keberatan terhadap pembatasan fungsi telepon mereka sendiri.

Untuk saat ini, tentu saja, teknologi "kesadaran situasional"  ini masih berada pada tahap paten Apple. Tetapi menarik juga melihar bagaimana reaksi orang terhadapnya jika diterapkan pada iPhone atau perangkat mobile konsumer lainnya.

Sumber: chip.co.id