Cloud Tingkatkan Kemampuan Waktu Pulih Saat Downtime

Posted : 9 - 9 - 2011

Teknologi Cloud Computing sangat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk kembali pulih ke fungsi biasa setelah terjadi downtime, menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Grup Aberdeen. Untuk penelitian ini Grup Aberdeen memeriksa pemulihan bencana dan kebijakan penyimpanan lebih dari 100 perusahaan di seluruh dunia.

Studi ini menemukan bahwa bisnis yang menggunakan storage berbasis Cloud data dan layanan backup sudah bisa kembali ke rutinitas setelah bencana (RTO: Recovery Time Objective) hampir empat kali lebih cepat dibandingkan perusahaan lain.

Selain itu menurut penelitian ini, sementara banyak perusahaan tidak mencapai sasaran waktu pemulihan, organisasi yang rata-rata menggunakan penyimpanan berbasis cloud selalu memenuhi tujuan ini.
Organisasi layanan berbasis Cloud memanfaatkan juga lebih mungkin untuk mengambil keuntungan dari program pemulihan bencana yang paling efisien. Menurut penelitian, sekitar 46 persen pengguna Cloud menggunakan program yang paling efisien.

Keuntungan dari Cloud Computing juga semakin diakui oleh sektor perdagangan, pendidikan dan pemerintah. Menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh perusahaan riset Ovum, adopsi pemerintah akan teknologi Cloud akan meningkat selama tahun 2011.
Studi lain yang juga memberikan gambar mengenai perkembangan Cloud adalah sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan riset KS & R. Dikatakan pada studi tersebut bahwa sebanyak dua pertiga dari usaha menengah mengadopsi teknologi Cloud Computing.

Studi ini meneliti lebih dari 2.000 perusahaan menengah di lebih dari 20 negara dan menemukan bahwa sekitar 53 persen perusahaan mengharapkan anggaran TI mereka meningkat dalam 12 sampai 18 bulan berikutnya.
Selain itu studi ini juga menemukan bahwa sekitar 66 persen perusahaan menengah berencana untuk menyebarkan teknologi Cloud Computing sebagai bagian dari solusi TI mereka, atau sudah melakukannya.

Ditemukan juga sebagian besar perusahaan menengah lebih memilih untuk mengembangkan hubungan yang komprehensif dengan penyedia IT mereka, bukan hanya membeli peralatan. Sekitar 70 persen responden mengatakan bahwa mereka berniat untuk mengejar "konsultatif" daripada hubungan "murni transaksi" dengan penyedia utama mereka.

Pendapatan Cloud terus berkembang seiring semakin banyak perusahaan mengadopsi solusi bisnis Cloud Computing. Menurut sebuah studi It-Stat baru-baru ini, pengeluaran untuk teknologi Cloud diperkirakan akan melampaui 13 Milyar Dollar pada tahun 2014.

Sumber: CHIP.co.id


OTHER ARTICLES