Follow Us

Selamat Datang Windows 8

Posted : 7 - 11 - 2012

Microsoft secara resmi akhirnya merilis sistem operasi terbarunya Windows 8 dalam konferensi BUILD yang dihadiri ribuan pengembang aplikasi di Anaheim, California. Presiden Divisi Windows Microsoft, Stefen Sinofsky menyebut Windows 8 sebagai perubahan besar yang pernah dilakukan Microsoft setelah Windows 95.

”Rasanya seperti sistem yang berbeda," kata Sinofsky yang sebelumnya sudah berpengalaman memimpin pengembangan Windows 7. ”Cepat, luwes, segar, dan penuh energi," ujarnya. Dalam presentasinya, ia menjelaskan bahwa Windows 8 memang akan menawarkan pengalaman baru dibanding sistem operasi sebelumnya yang mendukung penuh fitur layar sentuh dan bisa digunakan di semua jenis perangkat baik PC maupun tablet.

Dari sisi tampilan, sistem operasi ini menyajikan menu yang segar seperti Windows Phone 7. Layar pertama langsung menyajikan kumpulan informasi dari aplikasi-aplikasi yang sedang dipakai dan menu yang disusun rapi dengan desain yang disebut Metro. Dari menu awal, penggunannya juga bisa langsung mengakses daftar teman dalam jejaring sosialnya dan menu-menu favorit cukup menggeser layar dengan sentuhan jari.

Software ini juga mendukung berbagai platform hardware. Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya. Bentuk perangkatnya pun bisa jauh lebih ramping dan tipis serta bakal punya daya tahan baterai lebih lama.

Sinofsky memastikan bahwa semua software yang berjalan di Windows 7 juga bisa dipakai pada Windows 8. Sedikit berbeda adalah dalam hal pendekatan pengguna untuk mengakses beberapa jenis aplikasi. Kalau sistem operasi sebelumnya memaksa pengguna selalu membuka aplikasi satu demi satu, pada Windows 8 kolaborasi antaraplikasi mulai diterapkan. Misalnya lewat fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi email, Twitter, dan jejaring sosial dalam satu tampilan.

Berkat semua keunggulannya itu, hanya empat hari setelah resmi diluncurkan, Microsoft sudah berhasil menjual 4 juta kopi Windows 8. Ini merupakan langkah awal yang mengagumkan bagi Microsoft. Meskipun masih jauh dari target yang sudah ditentukan. Sebagai perbandingan, Apple hanya berhasil menjual 3 juta kopi dari OS terbaru mereka Mountain Lion dalam waktu yang sama.

"Tingkat antusiasme yang ada sampai saat ini sangat menarik, sepertinya kami berhasil mengguncang pasar dengan produk yang kami jual," ujar CEO Microsoft Steve Balmer dalam Microsoft's Build Conference.

Steve Balmer juga mendorong para pengembang aplikasi untuk segera menciptakan berbagai aplikasi untuk berbagai varian sistem operasi Windows yang baru, seperti Windows Phone 8, Windows 8, dan Windows RT. Balmer mengatakan pada para pengembang bahwa ratusan juta pengguna mengharapkan kehadiran aplikasi baru pada Windows 8.

"Ini adalah pasar untuk karya terbaik yang Anda bisa hasilkan, juga di mana Anda bisa menghasilkan uang," kata Balmer.

Easy To Learn

Untuk lebih mengenal sistem operasi terbaru ini, Microsoft Indonesia mengundang siapapun untuk mencoba sistem operasi Windows 8 secara langsung pada 26-28 Oktober lalu di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Dalam demo yang ditunjukkan Bussiness Group lead Microsoft Indonesia Lucky Gani, melalui aplikasi yang terintegrasi di dalamnya yakni sebuah 'cloud-connected apps' yang diberi nama skydrive, pengguna dapat menyimpan file pribadinya dalam layanan awan (cloud) milik Microsoft tersebut.

Pada kesempatan yang sama, President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menyatakan, Windows 8 dalam bentuk DVD sudah hadir di seluruh Indonesia dan dapat dibeli dengan harga USD 69,99 atau sekitar (Rp 650 ribu).

Konsumen yang saat ini menjalankan PC dengan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7, dapat mengunduh Windows 8 Pro dengan harga US$39,99. Penawaran ini berlaku sampai dengan akhir Januari 2013.

Sedangkan, konsumen pengguna yang perangkat dengan Windows 7-nya dibeli antara 2 Juni 2012 dan 31 Januari 2013 bisa mengunduh Windows 8 Pro dengan harga US$14,99.

''Sudah ada 500 peritel melalui ribuan tokonya yang sudah memasarkan sistem operasi ini,'' kata Andreas. ''Windows 8 ini bisa dijalankan di smartphone, komputer tablet, dan notebook dengan sistem operasi yang sama,'' lanjutnya.

Andreas juga menjelaskan kelebihan perangkat tablet berbasis Windows 8 jika dibandingkan dengan tablet lain. ''Komputer Tablet yang lain hanya bisa untuk entertainment. Sedangkan tablet Windows 8 bisa untuk bekerja yang serius dan terproteksi. Windows 8 merupakan sistem operasi buat kerja dan bermain,'' jelasnya. (MI/Wrt3)

Sumber: chip.co.id, tekno.kompas, metrotvnews


OTHER ARTICLES

Copyright by D~NET Surabaya 2012