Follow Us

Inilah Keluarga Baru Apple

Posted : 7 - 11 - 2012

iPad Generasi 4 dengan A6X

Selain iPad Mini, Apple juga mengumukan New iPad Generasi 4 dengan Retina Display. Apple baru saja meluncurkan versi terbaru tablet iPad 9,7 inci. Apple menyebutnya iPad generasi ke-empat atau iPad 4 karena memiliki Retina Display kamera iSight 5-megapixel, dan menggunakan port Lightning, pengganti dock connector yang pertama kali diperkenalkan di iPhone 5.

iPad generasi keempat juga sudah menyandang prosesor terbaru, A6 yang memiliki performa grafis dua kali lebih baik dibanding A5X. Namun, untuk urusan daya tahan baterai, iPad generasi keempat masih sama dengan pendahulunya, yakni hingga 10 jam.

Perubahan dock connector pada iPad generasi keempat berarti juga akan menambah pengeluaran pengguna karena aksesoris lama tak kompatibel lagi. Apple juga mengembangkan dukungan jaringan LTE iPad genari keempat yang selama ini terbatas, ke jaringan operator Sprint di Amerika Serikat dan EE di Inggris. Kamera FaceTime juga telah ditingkatkan mejadi HD untuk memperbaiki kualitas konferensi video.

iPad generasi keempat akan dibanderol sama dengan iPad 3, versi Wi-Fi 16GB seharga USD499 dan model LTE 16GB seharga USD629. Sayangnya Apple Fanboy di Indonesia belum bisa melakukan preorder.

All-In-One PC setebal 5 Milimeter

Tidak terasa iMac yang diperkenalkan tahun ini sudah memasuki generasi ketujuh. Dari konsep desain, tidak ada yang berubah banyak dibanding generasi sebelumnya.
Tapi satu hal yang dapat dicermati, iMac versi terbaru ini hadir sangat tipis, yaitu hanya 5 mm. Apple mengklaim mereka berhasil mengurangi volume iMac sebanyak 40 persen dibandingkan versi sebelumnya. Untuk menjaga kelangsingan, Anda tidak akan menemukan optical drive yang biasa dapat dijumpai di sisi kanan iMac. Sebagai gantinya, tersedia aksesori tambahan berupa Apple USB Super Drive.

Untuk menyajikan warna yang akurat, Apple menggunakan panel IPS pada iMac terbarunya ini yang hadir dalam dua ukuran 21 inci dan 27 inci. Untuk iMac 21 inci hadir dengan resolusi layar 1920×1080 piksel sedangkan yang 27 inci memiliki resolusi layar 2560×1440 piksel. Untuk layarnya, meski memiliki resolusi yang tinggi masih belum dapat dikategorikan sebagai layar Retina Display.

Masuk pada sektor kinerja, The New iMac hadir dengan dukungan prosesor Intel generasi ketiga, Intel Core i5 dan Intel Core i7, memori RAM DDR3 8GB serta performa grafis yang mumpuni dari Nvidia GT-600 Series. Sebagai catatan, untuk versi iMac spesifikasi tertinggi dengan ukuran layar 27 inci berprosesor i7 2.9 Ghz telah dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GTX 680 MX yang merupakan kartu grafis terbaru dari NVIDIA dengan kinerja grafis terbaik saat ini.

Apple menyediakan pilihan kapasitas penyimpanan hingga 3 TB dan tersedia opsi upgrade dengan teknologi terbaru Apple yang bernama Fusion Drive. Teknologi Fusion Drive ini sebenarnya mirip dengan ruang penyimpanan hibrida yang ada pada laptop atau ultrabook saat ini. Fusion Drive menggabungkan kinerja SSD dan hard disk secara terpisah lewat sebuah software untuk kinerja pemrosesan yang jauh lebih cepat. Sedangkan untuk konektivitasnya, The New iMac yang sangat tipis ini masih dapat mengemas empat port USB 3.0, HDMI, Thunderbolt, Gigabit Ethernet, Headphone, SD Card Slot, dan kamera Face Time HD untuk video chat.

Untuk harga, versi 21,5 inci dengan konfigurasi prosesor Intel Core i5 2.7 GHz, 8GB RAM, dan hard disk 1TB dijual mulai dari $1299 (Rp12 juta). Sedangkan versi 27 inci dijual seharga mulai dari $1799 (Rp17 juta).

MacBook Pro 13 inci Retina Display

Retina Display kini seolah-olah menjadi mantra ajaib bagi Apple untuk menggambarkan kehebatan layar yang ada di produk mereka. Dan Apple kini mengumumkan kehadiran MacBook Pro 13 inci hadir dengan layar Retina Display 13,3 inci dengan resolusi 2560×1600 pixel.

Ini artinya, jumlah piksel New MacBook Pro 13 inci terdapat empat kali lebih banyak dari layar MacBook Pro 13 inci sebelumnya dan dua kali lipat dari rata-rata HDTV saat ini yang beresolusi 1080p. Sejauh ini, belum ada notebook dengan layar 13 inci merek lainnya yang memiliki resolusi layar serapat ini.

Inovasi Apple tidak hanya berhenti pada sektor layar. Pujian juga kembali layak diberikan kepada Apple karena berhasil memangkas ketebalan dan bobot MacBook Pro 13 inci. Yup, MacBook Pro 13 inci kini hadir dengan ketebalan hanya 0,75 inci, 20 persen lebih tipis dari versi sebelumnya dan memiliki bobot hanya sekitar 1,5 kg, atau paling ringan dari seluruh jajaran MacBook Pro.

Apple juga melengkapi MacBook Pro 13 inci Retina Display dengan prosesor Intel generasi ketiga, Ivy Bridge. Anda dapat memilih antara prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7, yang disokong memori RAM DDR3 sebesar 8 GB dan kartu grafis Intel HD4000.

Soal konsumsi listrik juga patut diacungi jempol. Apple mengatakan, baterai MacBook Pro 13 inci Retina Display dapat digunakan hingga 7 jam. Ini berarti, baterai yang dimilikinya lebih tahan lama dibandingkan dengan ultrabook saat ini yang rata-rata dapat digunakan hingga sekitar 6 jam saja.

Untuk konektivitas, tersedia koneksi Wi-Fi, Bluetooh 4.0, 2 buah port thunderbolt, 2 buah port USB 3.0, HDMI, SD Card Slot dan jack headphone 3,5 mm. Selain itu hadir juga FaceTime HD Camera untuk video chat, speaker terintegrasi yang dapat digunakan untuk kebutuhan multimedia dan telah berjalan pada sistem operasi Mac OS X Mountain Lion yang hadir dengan serangkaian fitur inovatif Apple seperti Airplay, Voice Dictation dan Power Nap.

Lalu berapa harganya? Macbook Pro 13 inci versi Intel Core i5 dengan spesifikasi Intel Core i5 2.5Ghz, 8 GB RAM dan kapasitas ruang penyimapanan sebesar 128 GB dibanderol dengan harga US$1699 (Rp16 juta). Sedangkan untuk versi Intel Core i7 dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 768 GB akan dibanderol dengan harga US$1999 (Rp19 juta).

Sumber: http://id.berita.yahoo.com, chip.co.id


OTHER ARTICLES

Copyright by D~NET Surabaya 2012