Follow Us

Android 4.2, Apa Saja Fitur Barunya?

Posted : 7 - 11 - 2012

Google tidak hanya meluncurkan LG Nexus 4 dan Samsung Nexus 10 sebagai produk barunya. Mereka juga meluncurkan sistem operasi terbaru, yaitu Android 4.2 yang masih bernama Jelly Bean. Google menyebutkan bahwa versi baru Android ini memiliki banyak kesamaan dengan sistem Android 4.1, tetapi dengan penambahan sejumlah fitur yang cukup signifikan.

Fitur utama dalam Android 4.2 adalah Miracast, sebuah bentuk protokol yang membolehkan perangkat baru semacam Nexus 4 untuk melakukan streaming audio dan video pada televisi yang mempunyai fitur Miracast. Fitur ini memiliki kemiripan dengan Airplay yang dimilki oleh sejumlah perangkat keluaran Apple.

Perangkat pendukung Miracast diperkirakan akan segera diluncurkan oleh sejumlah perusahaan. Perangkat ini bisa berbentuk box untuk dihubungkan ke televisi, ataupun televisi yang sudah mendukung Miracast secara built-in. LG sudah berkomitmen untuk memasukkan fitur Miracast kedalam line up smart tv mereka pada tahun 2013.
Fitur baru lain yang terdapat pada Android 4.2 adalah Gesture Typing Keyboard. Sebenarnya fitur mirip dengan swipe keyboard yang sudah lama diperkenalkan, tetapi Google menyempurnakannya dalam Android 4.2 dengan memberikan akurasi yang lebih baik dan respon yang lebih cepat.

Google juga memperkenalkan fitur baru dalam kameranya. Fitur ini dinamakan Photo Sphere, secara garis besar ini adalah penyempurnaan dari panorama mode yang mulai diperkenalkan Google sejak Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Dengan fitur Photo Sphere, hasil foto panorama tidak hanya bisa dilihat dalam bentuk rata seperti foto panorama pada umumnya, melainkan bisa menghasilkan gambar yang impresif seperti yang terdapat pada layanan Google Street View.

Fitur multiple user yang terdapat pada Android 4.1 pun mengalami penyempurnaan. Kini saat salah satu user sudah mengunduh sebuah aplikasi, user yang lain tidak perlu mengunduh ulang aplikasi tersebut saat ingin menggunakannya.

Google mencontohkan fitur ini dalam aplikasi game Bad Piggies, saat salah satu user sudah mengunduh game tersebut dan memainkannya, user lain bisa memainkan game tersebut tanpa perlu mengunduh ulang, tetapi dengan kondisi game seperti baru diinstal.

Fitur baru lain yang menurut kami cukup berguna adalah cara baru untuk mengakses quick setting. Anda bisa membuka layar quick setting dengan cara men-swipe dua jari dari atas layar ke bawah. Pada layar quick setting ini anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi, GPS, Bluetooth, dan sejenisnya secara langsung pada layar tersebut.

Ini adalah daftar lengkap fitur baru yang terdapat pada Android 4.2:

• Photo Sphere Panorama
• Gesture Typing
• Lockscreen improvements, including widget support and the ability to swipe directly to camera
• Expendables notification
• Message zooming in Gmail with the ability to reflow text automatically
• Daydream Screensaver
• Accessibility improvements: triple-tap to magnify the entire screen, pan and zoom with two fingers. Speech output and Gesture Mode navigation for blind users
• Miracast support for wireless display sharing
• Google Now can use Gmail as a data source for new cards.

Sistem Operasi Android 4.2 ini akan tersedia pada Nexus 4 dan Nexus 10. Sedangkan perangkat Nexus lainnya seperti Galaxy Nexus dan Nexus 7 diharapkan sudah bisa mendapat pembaruan ini pada beberapa minggu ke depan.


OTHER ARTICLES

Copyright by D~NET Surabaya 2012