Follow Us

Akhirnya, iPad Mini Dirilis!

Posted : 7 - 11 - 2012

Apple telah memperkenalkan iPad Mini, Selasa (23/10/2012), di San Jose, California, Amerika Serikat. Produk tablet besutan Apple memiliki ukuran layar 7,9 inci.
Kemunculannya sendiri cukup membuat pro dan kontra. Pasalnya, dari awal mendiang Steve Jobs pernah bersumpah tidak akan membuat iPad versi mini. Tapi Tim Cook agaknya punya pemikiran berbeda. Ia berusaha melawan kompetior, terutama Samsung dengan memutuskan merilis iPad mini.

Secara garis besar, iPad Mini merupakan versi kecil iPad 2 dengan penambahan beberapa fitur. iPad Mini dan iPad 2 sama-sama menggunakan prosesor A5 dual-core dan resolusi layar 1024 x 768.

Dengan resolusi layar yang sama, semua aplikasi iPad 2 dapat bekerja dengan tampilan yang optimal di iPad Mini. Hingga saat ini, total terdapat 275.000 aplikasi yang ada di App Store.

Layar 7,9 inci yang melengkapi iPad Mini memiliki kerapatan 163 pixel per inch (ppi). Dari sisi desain, tebal iPad Mini hanya 7,2 mm dibalut dengan materi aluminium. iPad Mini berbobot 300 gram, lebih ringan 53 persen dibandingkan New iPad. Apple mengklaim kalau iPad Mini lebih tipis dari sebatang pensil.

iPad Mini menggunakan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel, meningkat jauh dari resolusi kamera iPad 2. Kamera ini sudah hadir dengan fitur autofocus, pengenalan wajah, dan aperture f/2.4. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dalam kualitas 1080p.

iPad Mini juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 1,2 megapiksel yang dapat dimanfaatkan untuk fitur FaceTime. Kamera depan ini dapat merekam video 720p.
Baterai iPad Mini mampu membuat perangkat tersebut hidup selama 10 jam pengoperasian. Apple menyebut baterai ini sebagai "baterai single-cell terbesar dan tertipis yang pernah didesain oleh Apple".

Dock konektor iPad Mini sudah mengikuti iPhone 5. iPad Mini hadir dengan menggunakan dock konektor Lightning 8 pin.

Untuk media penyimpanan data, tersedia versi 16GB, 32GB, dan 64GB. iPad Mini sudah bisa dipesan mulai Jumat pekan ini dan mulai dikirimkan pada 2 November mendatang ke 34 negara. Sayang, Indonesia tidak masuk dalam daftar 34 negara tersebut.

Murah? Anda Tentukan Sendiri

Dari semua hal tentang iPad Mini, yang paling mengundang rasa penasaran mungkin adalah harganya. Apple mengumumkan harga iPad Mini di acara di San Jose, Amerika Serikat, Rabu (24/10/2012) waktu setempat.

Angkanya? Mulai dari 329 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta untuk versi 16 GB. "Harga itu adalah yang paling rendah dari semua model iPad," ujar Wakil Presiden Senior Pemasaran Global Apple Phil Schiller dalam acara, seperti dikutip dari The Verge.

iPad Mini kini juga sudah bisa dipesan via toko online Apple Store dalam dua warna, hitam atau putih.

Model dengan hanya Wi-Fi disediakan dalam tiga varian kapasitas penyimpanan. Berharga 329 dolar untuk yang berkapasitas penyimpanan 16GB, 429 dolar untuk 32GB, dan 529 dolar untuk yang 64GB.

Sementara model Wi-Fi + seluler dengan kapasitas penyimpanan 16GB ditawarkan pada harga 459 dolar, 32GB 559 dolar, dan yang 64GB dibanderol 659 dolar.
Apple berjanji akan mengirimkan iPad mini model Wi-Fi only kepada pemesan pada 2 Nopember mendatang, sementara yang model Wi-Fi + seluler lebih lambat yakni sekitar pertengahan Nopember.

Komentar Mereka Yang Sudah Mencoba

Namun beberapa media di Amerika Serikat sudah diberi kesempatan untuk menguji performa dan menelisik lebih dalam tentang iPad mini. Reporter teknologi dari USA Today Edward C. Baig menyoroti soal ukuran iPad mini yang dianggapnya sangat pas. Pasalnya, ia merasa sering mendapat 'masalah' dengan iPad versi original yang dirasa terlalu lebar dengan layar 9,7 inch.

Di sisi lain, iPad mini dengan layar yang lebih kecil, mampu menjawab kebutuhan akan sebuah tablet PC. Tak kalah dengan iPad original. Ia juga yakin bahwa iPad mini akan menjadi lawan tangguh di persaingan tablet 7 inch. Meski harganya cuma sedikit lebih murah dibanding iPad original, hal itu tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi user, lanjut Baig.

”Sangat disayangkan, iPad mini tidak mengusung kelebihan Apple lewat retina display,” ujar reporter New York Times, David Pogue.

Nama besar Apple, menurut Pogue, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna untuk lebih mengenal iPad mini. Namun hal itu sejatinya bisa dieksplorasi lebih jauh saat iPad mini dibenamkan dengan layar beresolusi tinggi.

Namun terlepas dari kekecewaan minor tersebut, Pogue secara garis besar menyambut positif kehadiran tablet dengan berat 0,68 pon tersebut. Ia bahkan menyebut iPad mini sebagai perangkat yang atraktif, dan paling langsing dari tablet kebanyakan yang berada di pasaran saat ini.

Lain lagi pendapat reporter Cnet Scott Stein terhadap iPad mini. Menurutnya, perangkat tersebut terlalu mahal untuk sebuah gadget yang tanpa disertai retina display. Cukup oke memang spesifikasi yang disajikan. Namun menurut Stein, harganya masih kurang miring sehingga ia merasa tak terlalu puas.

”Jika Anda ingin merasakan sensasi pengalaman menggunakan perangkat Apple, iPad mini bisa dipilih dengan harga premium. Atau jika tidak, masih banyak alternatif lain yang tersedia dengan harga yang lebih murah,” sebutnya.

Spesifikasi
• Sistem operasi: iOS6
• Layar: IPS, 7.9 inci, 1024x768 (163 ppi)
• Dimensi: 20x13.5x7.2 cm
• Bobot: 308 gram (WiFi Only)/ 312 gram (WiFi+seluler)
• Kamera: 5 MP (belakang), 1.2 MP (depan)
• Baterai: "16.3 watt hour", masa hidup 10 jam
• Port: Lightning
• Pilihan warna: Hitam dan Putih

Sumber: kompas.com, yahoo.com, detik.com


OTHER ARTICLES

Copyright by D~NET Surabaya 2012