Heartbleed, Masalah Keamanan Data Server Paling Berbahaya

Posted : 6 - 5 - 2014

Sebuah kelemahan dalam teknologi enskipsi web yang dinamai "Heartbleed" dikatakan sebagai ancaman paling berbahaya bagi OpenSSL saat ini. Kelemahan atau biasa dikenal sebagai bug merupakan celah yang  bisa digunakan untuk mengambil data dari server manapun yang menjalankan software mereka.

Seseram namanya, Heartbleed memang menjadi masalah keamanan data server paling serius. Situs berita teknologi The Verge menuliskan bahwa lewat Heartbleed seorang penyerang dapat mengambil data-data vital sekaligus memantau trafik data yang ada di server. Bahkan bug ini memungkinkan penyerang menyamar sebagai server.

The Verge juga menuliskan perusahaan teknologi informasi (TI) sekelas Yahoo sempat terpapar oleh Heartbleed, sama seperti yang dialami Imgur dan Flickr. Namun teknisi di Yahoo dikatakan telah berhasil membuat koreksi semestinya di semua properti utama milik Yahoo seperti Yahoo Homepage, Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo Sport dan Tumblr.

OpenSSL memang kurang dikenal di luar dunia koding. Akan tetapi dua dari tiga server yang ada di internet menggunakan software ini. Sedangkan Heartbleed sendiri ditemukan oleh Neel Mehta, seorang ahli di perusahaan Google.

Sumber: Ganlob.com