Tips Branding untuk Startup

Posted : 17 - 5 - 2013

Mentor JFDI, Patrick Schwing adalah pembimbing startup di JFDI-Innov8 2012 bootcamp, dengan cara membagikan hal-hal yang dia pelajari saat menjadi bagian dari tim managemen Brand di perusahaan Procter & Gamble (P&G). Beberapa “kenyataan” dalam bisnis dan marketing yang dibagikan oleh Patrick:

1. Produk atau jasa Anda harus terinspirasi oleh konsumen dan didukung oleh teknologi.

Temukan siapa target anda, dan definisikan apa yang dapat menyenangkan mereka. Lalu lanjutkan dengan mendefinisikan teknologi apa yang bisa mewujudkan hal tersebut. Dalam bisnis besar seperti startup yang sedang berkembang, memfokuskan diri pada kebutuhan konsumen dan menggunakan teknologi yang cocok, adalah kunci untuk menciptakan sebuah produk yang dicintai oleh konsumen Anda. Ujian terbesar untuk mengerti konsumen sepenuhnya adalah, “Mampu menentukan dengan lebih baik apa yang menjadi kebutuhan atau keinginan konsumen dibandingkan konsumen itu sendiri.”

2. Jika Anda ingin mengerti tentang singa, jangan kunjungi kebun binatang, pergilah ke hutan.

Untuk membuat produk yang baik, Anda harus mengerti konsumen dari luar dalam. Untuk melakukannya, Anda harus mempelajari kebiasaaan dan kebutuhan mereka dengan cara menyaksikan bagaimana mereka bekerja, menjalani hidup, serta bermain di lingkungan mereka. Disinilah survey dan wawancara dapat memberikan hasil yang salah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda, disarankan melakukan ‘shopalongs’ – mengikuti seseorang sepanjang hari dan mengamati perilakunya secara mendetail. Pengertian yang mendalam tentang pelanggan didapat dari pertentangan antara: hasil pengamatan yang kita lakukan secara langsung dan apa yang di-klaim oleh pelanggan kita saat mengisi survey atau menjawab pertanyaan wawancara. Berfokuslah pada detail seperti ritual, konsumsi, dan cara mereka menggunakan produk untuk mengerti mindset yang mereka gunakan saat berinteraksi dengan produk Anda.

3. Pertimbangkan kemungkinan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, dibandingkan melakukan hal yang berbeda

Banyak entrepreneur mencapai kesuksesan dengan mengambil sebuah produk atau jasa yang sudah ada dan memodifikasinya sedemikian rupa hingga mengubah pengalaman yang didapat oleh pelanggan / penggunanya. Produknya mungkin mirip, tapi yang mebedakannya adalah produk tersebut membawa ide unik yang bisa mengubah pengalaman konsumennya. Hal ini bisa saja berupa perubahan dalam hal penyajian sebuah minuman dengan cara yang berbeda, dan hal-hal kecil lainnya.

4. Satu satunya strategi yang dilihat oleh konsumen adalah eksekusi

Di perusahaan P&G, mereka menggunakan istilah ‘First Moment of Truth (FMOT)’ dan ‘Second Moment of Truth (SMOT)’ saat menganalisa pengalaman pelanggan. FMOT adalah ’first impression’ dari seorang pelanggan ketika melihat barang di rak, atau di sebuah halaman situs penjualan. SMOT adalah pengalaman seorang pelanggan saat memakai produk Anda. “Anda harus memenangkan kedua hal tersebut untuk mencapai sukses – momen tersebut adalah saat konsumen membuat keputusan untuk menggunakan / terlibat dalam Brand Anda atau sebaliknya.” Jika Anda tidak mengubris hal ini, tidak perduli seberapa baik kode yang dimiliki, Anda tidak akan memiliki cukup banyak pelanggan untuk mempertahankan bisnis Anda.

5. Jangan membuang waktu mengejar produk lain yang sukses

“Anda tidak bisa melompat lebih tinggi dari Nike.” Nike adalah sebuah Brand yang sangat sukses dalam menjanjikan kepada pelanggannya bahwa performa atletik mereka akan meningkat saat menggunakan produk Nike. Reebok, sebuah brand kompetitor yang menjual produk yang berjenis sama, tidak mencoba untuk berkompetisi dengan Nike dalam hal menjanjikan performa atletik pada konsumen. Sebagai gantinya, Reebok menyadari bahwa sepatu karet mereka populer dalam fashion hip-hop, sehingga mereka berfokus pada segmen pasar tersebut. Daripada memakai Michael Jordan sebagai bintang iklannya, Reebok menggunakan ikon yang aspirational dalam segmen pasar yang bisa mereka kuasai, dan mereka sukses melakukan hal ini.

Sumber: startupbisnis.com