Ini 5 Aplikasi Pengolah Foto Terbaik di BlackBerry 10

Posted : 17 - 5 - 2013

Melanjutkan seri aplikasi pengolah foto di beberapa smartphone, kini CHIP membahas aplikasi untuk perangkat berbasis BlackBerry 10. Mengingat masih mudanya OS yang satu ini di pasaran, maka CHIP hanya memasukkan 5 aplikasi pengolah foto saja. Anda juga dapat mencobanya sendiri di perangkat masing-masing.

Peringkat berikut ini merupakan penomoran saja, dan tidak menggambarkan peringkat aplikasi terbaik. Inilah 5 aplikasi pengolah foto terbaik di BlackBerry 10.

1. PicStory

Aplikasi ini hampir mirip dengan Intagram di iOS maupun Android. Bedanya dengan Instagram tentu saja kemampuannya untuk mengubah foto kita lebih menarik dengan beragam fitur yang disediakan. Di PicStory, CHIPers dapat menambahkan berbagai efek menarik, membubuhkan bingkai sebagai pemanis foto, serta dapat juga membuat kolase foto dengan template yang disediakan.

Sebagai informasi tambahan, PicStory merupakan aplikasi yang menjadi pemenang di ajang tantangan BlackBerry Hackathon 2011 di Jakarta. Anda dapat mengunduhnya gratis di BlackBerry World di BlackBerry 10 Anda.

2. PicMix for BlackBerry 10

Setelah PicStory, ada lagi PicMix for BlackBerry 10. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang tak kalah menarik. Di PicMix, CHIPers dapat menambahkan bingkai di foto sesuai dengan pilihan yang tersedia. Lalu, ada pula fitur Magic Shake, yang dapat menyesuaikan bingkai secara acak di foto Anda. CHIPers juga dapat menempelkan beragam stiker menarik dan lucu yang bisa mempercantik foto.

Uniknya, aplikasi ini dapat meng-import foto-foto Anda di Instagram. Caranya pun mudah, cukup log-in ke Instagram melalui aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di BlackBerry World.

3. ColorUp Lite

Dengan aplikasi ini, CHIPers dapat mengubah sebuah foto menjadi telah diolah melalui software Adobe Photoshop. Maksudnya, dengan ColorUp Anda dapat menampilkan warna di beberapa bagian foto saja. Caranya juga cukup mudah, Anda cukup memilih foto yang ingin diolah, kemudian secara otomatis ColorUp akan mengubah foto tersebut menjadi hitam-putih. Langkah terakhir juga cukup mudah, yaitu cukup usapkan jari Anda pada bagian yang ingin ditampilkan kembali warna aslinya.

Tak hanya menghilangkan warna tertentu di foto Anda, aplikasi ini juga dapat menambahkan efek agar hasil foto menjadi lebih menarik. Aplikasi ini tersedia secara gratis di BlackBerry World. Namun, untuk menikmati semua fitur-fiturnya, Anda harus meng-upgrade-nya menjadi versi berbayar.

4. Photo Studio

Terdapat 115 filter unik yang dapat Anda gunakan di aplikasi ini. Beberapa di antaranya yaitu Simple Toning, Old Style, Vintage, Summer Mood, Sketch, Lomo, Blur, Art, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula fitur pengolah foto standar seperti pencahayaan (brightness, contrast, RGB, hue, saturation, dan lain-lain), pemotongan gambar (crop), hingga resize dan rotate.

Photo Studio yang CHIP tampilkan di sini merupakan aplikasi versi gratis. Anda juga dapat mengunduh versi berbayarnya di BlackBerry World dengan tambahan berupa Filters Pack 1, Frames Pack 1, Christmas Frames 1, Christmas Frames 2, Valentine's Day Frames, Color Splash editor, Summer Frames Pack, Magic Tools, dan PicFrames.

5. RagePic

Tahu kan dengan 9GAG? Situs hiburan tersebut kini memuat banyak sekali meme yang unik dan lucu. Dengan aplikasi ini, CHIPers dapat menempelkan beragam meme menarik di foto Anda. Total terdapat 350 item yang dapat Anda pilih.

Sumber: chip.co.id