Google Glass

Posted : 17 - 5 - 2013

 

Perangkat komunikasi Internet nirkabel Kacamata Google (Google Glass) diperkirakan hadir mulai 2014, demikian disebut Pimpinan Google, Eric Schmidt.

"Akan ada ribuan (Kacamata Google) yang dipakai para pengembang dalam beberapa bulan mendatang, dan dari umpan balik mereka, kami akan beberapa perubahan produk, dan itu mungkin setahun lagi," kata Schmidt seperti dikutip BBC Radio 4.

Schmidt juga menanggapi kampanye anti-Google Glass yang dilatarbelakangi kemungkinan pelanggaran privasi jika seseorang menggunakan kacamata canggih itu.
"Kami harus mengembangkan sejumlah etika sosial baru. Tentu tidak pantas untuk memakai kacamata-kacamata itu di mana perekaman dilarang," kata Schmidt.
Sebelumnya, Google berencana meluncurkan perangkat kacamatanya pada akhir 2013 setelah menjualnya kepada para pengembang seharga 1.500 dolar AS.
Kacamata Google menggunakan layar kecil 640 x 360 piksel yang setara layar HD 25 inci dari jarak lima kaki dengan kapasitas penyimpanan data hingga 12 giga bit yang terkoneksi Google cloud.

Kacamata itu mampu mengambil foto beresolusi lima mega piksel, merekam video beresolusi 720 piksel, serta konektivitas WiFi dan Bluetooth. Demikian ditulis theverge.com.

Google tidak menyebut kapasitas daya baterai, namun baterai pada kacamata itu dapat diisi melalui kabel micro-USB.

Dikendalikan dengan Kedipan

Google Glass memang pantas dijuliki kacamata pintar karena memiliki sejumlah fungsi yang biasanya hanya ada pada smartphone. Tapi tak cuma itu, perangkat ini ternyata juga bisa berinteraksi dengan kedipan mata.

Fungsi ini memang belum secara resmi diperkenalkan Google, namun para hacker yang sudah membedah aplikasi MyGlass berhasil mengungkap sejumlah baris kode menyangkut kedipan mata.

Di dalam salah satu baris kode terdapat perintah EYE_GESTURE_WINK. Diduga kuat ini adalah perintah dasar agar Google Glass bisa mengenali kedipan saat dipakai oleh pengguna. Perintah ini bisa diaktifkan atau tidak.

Sebelum mengaktifkan fitur ini pengguna diwajibkan untuk melakukan kalibrasi dengan melakukan serangkaian kedipan, hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan gerak saat dipakai oleh pengguna.

Melalui kedipan yang sudah diatur itu pengguna Goole Glass bisa mengambil foto dan merekam video melalui kamera 5 MP yang dimilikinya.

Seperti dilansir Gizmodo dan dikutip detikINET, Rabu (24/4/2013), seluruh fungsi tersebut konon akan digabungkan dengan berbagai sensor yang ada pada Google Glass. Dengan demikian, pengguna jadi makin leluasa mengabadikan gambar dengan mudah.

Google Glass versi developer rencananya mulai dipasarkan mulai Mei 2013, sementara produk yang akan dipasarkan untuk masyarakat luas dijadwalkan mulai beredar di pertengahan 2014.

Fitur Google Glass

Dalam video demonya, pada dasarnya Google Glass memiliki fitur yang ada di smartphone Android. Bahkan pendiri Google Sergey Brin yakin Google Glass bisa menggantikan smartphone. Namun cara penggunaannya mungkin sedikit berbeda yang mengandalkan perintah suara.

Fitur keren apa saja yang mungkin ada di Google Glass saat dipasarkan nanti? Berikut gambarannya yang diambil dari video demonstrasi Google Glass, seperti dikutip detikINET dari PCMag, Jumat (29/3/2013).

Tampilan Menu

Layar kecil di Google Glass akan menampilkan beragam menu yang mirip-mirip dengan ikon di smartphone. Dari menu kamera, reminder, setting, pemutar musik digital dan sebagainya.

Fitur reminder mungkin akan muncul seperti di atas. Di mana jika ada pertemuan pennting, akan muncul pengingat semacam ini.

Kondisi Cuaca & Dikte Teks

Google Glass dapat menampilkan kondisi cuaca terkini di lokasi pengguna, seperti di smartphone. Tampilannya diilustrasikan seperti di bawah ini.

Kacamata pintar ini juga dapat diperintah dengan suara melalui built in mikrofon. Bisa dipergunakan untuk mengetik kalimat pesan instan cukup dengan mengatakannya saja. Selain itu, perintah suara juga dapat dipakai untuk melakukan bermacam fungsi lain seperti menjepret foto atau melakukan pencarian via internet.

Informasi penting & Navigasi

Kacamata Google ini dirancang dapat menampilkan berbagai informasi penting. Misalnya seperti diilustrasikan dalam gambar ini, di mana pengguna akan dibertahu jika ada jalur transportasi yang tidak dapat dipergunakan.

Juga ada fitur perpetaan untuk menunjukkan arah secara praktis. Sedangkan fitur navigasi turn by turn directions akan membimbing pengguna ke arah yang diinginkan.

Peta interior & Sharing Lokasi

Selain peta di luar ruangan, Google Glass juga kemungkinan bisa menunjukkan peta dalam ruangan termasuk arah untuk navigasi. Meski mungkin terbatas di gedung-gedung tertentu saja.

Dengan menggunakan fitur Google Latitude, user juga bisa berbagi lokasi dengan pengguna lain. Cukup berguna agar cepat menemukan teman jika melakukan janji ketemuan di keramaian.

Menjepret Foto & Telepon

Seperti halnya di smartphone, Google Glass juga dapat mengambil foto dan merekam video. Kualitasnya memang belum diketahui, tapi kemungkinan lumayan baik. Berikut ini adalah ilustrasi rekaman video yang diambil memakai Google Glass.

Selain itu, Google Glass kemungkinan juga bisa dipakai untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Kita tunggu saja seperti apa kemampuan sesungguhnya saat sudah siap dipasarkan nanti.

Sumber: antaranews.com, detik.com