Biaya yang Sebenarnya untuk Menjalankan Sebuah Startup

Posted : 17 - 5 - 2013

Gunakan template yang tidak mahal sampai Anda sudah berhasil membangun pelayanan pelanggan yang hebat dan bisnis Anda sudah berjalan, kemudian buatlah ulang situs Anda dari nol setelahnya.

Untuk membuat sebuah “startup” bisa dibilang murah, tetapi untuk membangun sebuah “bisnis online”, banyak biaya yang harus dikeluarkan. Berikut ini adalah beberapa petunjuk agar Anda mengetahui pengeluaran apa saya yang perlu Anda perhitungkan.

Situs yang hanya memberikan informasi sangat murah seringkali, gratis

Anda beruntung jika situs Anda lebih bersifat memberikan informasi dibandingkan situs yang interaktif. Anda bisa membuat sebuah situs menggunakan WordPress dalam beberapa jam jika Anda tidak terlalu memilih-milih desain, dan dalam beberapa minggu jika Anda menyewa jasa desainer. Anda mungkin tidak membutuhkan jasa perusahaan yang mendevelop situs untuk membuat situs informasional. Anda bisa saja menyewa satu orang untuk mendesain dan membangun situs Anda.

Pengembangan adalah sesuatu yang mahal

Aplikasi dan toko yang berbasis web atau mobile sangatlah interaktif dan lebih mahal harganya. Perusahaan yang bergerak di dunia web akan menagih servis seperti sebuah firma hukum, untuk waktu dan material yang mereka keluarkan. Semakin banyak waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangun sistem Anda, semakin mahal harganya.

Untuk membuat sebuah toko atau aplikasi online, dibutuhkan sebuah tim berisi 4 orang developer yang akan menghabiskan setidaknya 6 bulan untuk mendesain, implementasi, menguji, dan melakukan launching. Jika mereka dibayar 5 juta setiap bulan, maka Anda harus membayar 120 juta dalam kurun waktu 6 bulan.

Pengembangan tidak pernah berhenti

Biaya pengembangan tidak berhenti setelah launching dilakukan. Bahkan, biaya ini cenderung naik. Coba lihatlah Amazon.com, Zappos.com, atau bahkan Facebook. Semua perusahaan ini mengeluarkan jutaan setiap tahunnya untuk berinovasi dan merubah situs mereka. Bahkan walaupun tanpa berinovasi, internet terus berubah, dan termasuk bagaimana cara kita mengaksesnya, sehingga mengharuskan perusahaan untuk tetap mengubah situs mereka secara konstan. Situs Anda harus terus menyesuaikan dengan perkembangan browser dan hardware.

Pertumbuhan bisnis membutuhkan lebih banyak pengembangan

Saat pertama Anda melaunching sebuah toko online, jumlah penjualan yang terjadi mungkin masih sedikit sehingga masih bisa dikendalikan oleh email dengan mudah. Tapi saat volumenya sudah mencapai ratusan atau ribuan, maka Anda akan butuh solusi yang lebih baik.

Customer Service adalah kegiatan yang mahal

Situs yang terbaik tentunya juga memiliki customer service yang terbaik. Dalam kenyataanya, customer service atau pelayanan pelanggan bisa membantu Anda untuk tumbuh lebih cepat daripada desain yang bagus atau pemasaran menggunakan AdWord. Pelayanan pelanggan juga bergantung pada manusia, sehingga Anda harus membayar staff untuk menjawab telepon, merespon post di wall Facebook, dan bahkan membuat surat tertulis kepada pelanggan baru Anda.

Sukses = Mahal

Jika dihitung kasar, Facebook menghabiskan lebih dari 1 juta dolar dalam sebulan untuk biaya listrik. Mungkin bisnis Anda tidak sebesar Facebook, tapi Anda harus mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk membayar pekerja, hosting, listrik, dan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah situs.

Dengan semua pengeluaran ini, maka Anda harus memiliki sumber daya yang cukup, atau bahkan lebih.

Beberapa strategi untuk mengurangi biaya:

  • Jika Anda baru memulai di dunia online, gunakan template sistem dari Magento, Shopify.com dan BigCommerce.com. Implementasikan desain Anda sendiri untuk mengubah desain yang sudah ada. Gunakan template ini sampai Anda sudah berhasil membangun pelayanan pelanggan yang hebat, dan bisnis Anda sudah berjalan. Buatlah ulang situs Anda dari nol setelahnya.
  • Bangunlah bisnis Anda dari blog dan pelayanan pelanggan yang benar. Memenangkan bisnis Anda bukanlah sekedar melakukan SEO, membayar untuk muncul di hasil pencarian (paid search), atau iklan yang banyak. Yang penting adalah, berhubungan dan memuaskan pelanggan satu demi satu. Dalam praktek, ini artinya mengirimkan ucapan terima kasih (lebih baik yang ditulis tangan), mengirimkan informasi yang disukai pelanggan, dan meminta mereka memberikan nasehat pada Anda.
  • Jangan membuang dana Anda dalam marketing menggunakan media cetak. Alokasikan dana Anda untuk online marketing. Saat Anda ingin membuat iklan, lupakan poster, radio, dan marketing tradisional lainnya. Cobalah untuk muncul di hadapan pelanggan Anda melalui blog post yang berguna, paid search, dan social media seperti Facebook.

Beberapa strategi pengurangan biaya yang perlu dihindari:

  • Jangan meminta rekan/suami/tetangga Anda yang seorang desainer untuk membangus situs Anda secara gratis. Membangun sebuah bisnis online membutuhkan usaha yang keras. Kecuali Anda memang secara formal menjadi rekan kerja, jangan meminta teman atau anggota keluarga untuk membangun situs atau aplikasi Anda, karena kemungkinan besar Anda akan merusak bisnis dan hubungan Anda sekaligus.
  • Jangan bergantung kepada intern yang tidak dibayar untuk membangun bisnis online Anda. Dalam mencari partner teknikal, Anda membutuhkan tiga hal: kompetensi, stabilitas, dan akuntabilitas. Anda mungkin memiliki intern yang sangat luar biasa, tapi jika Anda tidak membayar mereka dan mereka berencana untuk pergi musim panas ini, maka Anda tidak akan memiliki stabilitas atau akuntabilitas yang dibutuhkan.
  • Jangan membeli bajak sebelum memiliki sekor kerbau. Jika Anda menjual sesuatu, jangan menumpuk inventaris sebelum memiliki trafik yang cukup di situs Anda. Hal terbaik dari internet adalah Anda bisa menjual barang yang bahkan belum Anda miliki. Anda bisa menghitung jumlah klik dan pemesanan untuk menghitung kira-kira seberapa banyak produk yang perlu Anda simpan di gudang, dan hanya setelah Anda memiliki data yang cukup Anda baru boleh menyimpan inventaris dalam jumlah besar.
  • Pikirkan semua hal ini sebelum Anda mengundurkan diri dari pekerjaan Anda dan memulai menggali emas dalam sebuah startup. Untuk startup online, uang cash adalah segalanya, dan kemampuan Anda untuk mengaksesnya akan menentukan kesuksesan Anda.

Sumber: startupbisnis.com