Bagaimana cara membangun Startup bernilai milyaran

Posted : 17 - 5 - 2013

Cara tercepat untuk membuat startup bernilai milyaran adalah dengan mengetahui cara me-mediasi kebutuhan sosial dasar manusia secara online. Lihatlah gelombang pertama startup berbasis web/mobile yang melakukan hal yang serupa: Facebook, Twitter, Instagram, Match.com, Pandora, Zynga, WordPress, LinkedIn.

Sekarang adalah giliran Anda.

Minggu ini saya berada di New York, mengajar selama 5 hari di Columbia University. Saat kelas disana mengajarkan tentang proses pencarian dan validasi sebuah model bisnis, tapi tidak mengajarkan apapun tentang bagaimana membuat ide startup yang luar biasa. Jadi setelah mengajar beberapa ratus tim dalam beberapa tahun terakhir, salah satu murid saya akhirnya menanyakan pertanyaan ini – “Jadi bagaimana kita bisa memiliki ide untuk perusahaan bernilai milyaran selanjutnya?”

Apakah itu masalah atau kebutuhan?

Sekarang saya mempercayai bahwa produk atau jasa Anda masuk dalam salah satu dari 2 kategori berikut:

  • Produk atau jasa Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk konsumen atau perusahaan (program akunting, lift, AC, listrik, tablet PC, pesawat, software e-mail, dst)
  • Atau memenuhi kebutuhan sosial dasar manusia (pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian , kebutuhan regilius, dst)

Mengubah kebutuhan menjadi Bits = 1 Milyar

Pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian , kebutuhan regilius – apakah kita masih bisa hidup tanpa semua itu? Tentu saja, tapi hal-hal tersebutlah yang membuat kita menjadi benar-benar hidup. Itu semua sudah tertanam dalam alam bawah sadar kita. Kita sudah melakukannya selama ribuan tahun.

Ironisnya, kemunculan dunia digital membuat semuanya lebih efisien dan mengurangi waktu kita untuk melakukan interaksi secara empat mata (secara langsung). Tentunya hal ini yang mendefinisikan kemanusiaan yang kita miliki.

Facebook melihat kebutuhan kita akan pertemanan dan memindahkan koneksi tersebut ke dunia on-line.

Twitter memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara real-time melalui dunia on-line. Zynga membuat kita bisa menghibur diri sendiri secara on-line secara gila-gilaan. Match.com memberikan kita kesempatan untuk mendapat jodoh.

Pada saat bersamaan dengan aplikasi-aplikasi sosial tersebut berpindah ke dunia on-line, platform digital (tablet dan smartphone) sudah tersedia dan digunakan oleh ratusan juta orang. Tidaklah sulit membayangkan bahwa dalam waktu satu decade, mayoritas manusia akan memiliki akses ke aplikasi ini 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Apapun yang terjadi, aplikasi-aplikasi sosial adalah yang akan memiliki milyaran pengguna.

Aplikasi yang disebutkan di atas semua berumur kurang dari 5 tahun. Tidaklah mungkin bahwa sekarang, hari ini kita sudah memindahkan semua kegiatan sosial kita ke dunia on-line secara optimal.

Tidaklah mungkin bahwa Facebook, Twitter, Instagram, Pandora, Zynga, LinkedIn adalah puncak dari aplikasi sosial. Akan ada yang lain, yang lebih baik.
Akan ada orang lain yang menemukan kebutuhan sosial lain yang belum terpenuhi, yang bisa dipindahkan ke dunia on-line. Anda mungkin adalah orang berikutnya.

Pelajaran yang bisa diambil

  • Produk dan jasa yang bernilai datang dalam dua bentuk: mereka menyelesaikan masalah, atau memenuhi kubutuhan sosial manusia.
  • Kebutuhan sosial termasuk pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian , kebutuhan regilius, dan seterusnya.
  • Semua itu dulunya dipenuhi dengan interaksi secara langsung (fisik).
  • Sekarang mereka berpindah ke dunia online.
  • Besarnya target pasar untuk aplikasi-aplikasi ini sama dengan jumlah seluruh umat manusia.
  • Hal-hal itu adalah aplikasi terbaik dan menjanjikan.

Sumber: startupbisnis.com