8 Gadget Idaman Ini Siap Menggebrak Jagat Teknologi

Posted : 17 - 5 - 2013

Tahun 2013 ini beragam gadget canggih sudah memasuki pasar. Sebut saja deretan smartphone flagship yang sudah rilis seperti Xperia Z, HTC One, Optimus G, ataupun Galaxy S4.

Namun bukan itu saja. Masih ada beberapa gadget canggih dari produsen kenamaan seperti Google, Samsung atau Apple yang rasanya cukup layak dinantikan.

Apa saja gadget idaman yang kemungkinan akan segera diluncurkan tahun 2013 ini? Simak daftarnya berikut ini yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

iPad 5

Generasi kelima iPad sedang dikembangkan Apple. Kabarnya versi baru iPad ini akan mengalami beberapa perubahan, khususnya di bidang desain yang lebih seksi.
Ming Chi Kui, analis industri dari KGI Securities memperkirakan produksi iPad terbaru selesai antara Agustus dan September. Kemudian dipasarkan tidak lama setelahnya.

"Kami perkirakan tablet itu setebal 7,5 - 8 mm, 15% lebih tipis dibandingkan iPad 4. Beratnya sekitar 500 gram, 25% lebih ringan ketimbang iPad 4," sebutnya.
Kuo menyatakan iPad 5 akan memakai prosesor A7X dan kamera 5 megapixel. iPad terbaru kemungkinan besar akan lebih tipis karena berbagai faktor.
Pertama, Apple akan menggunakan teknologi layar baru. Kemudian baterainya akan lebih kecil. Baterainya akan tetap awet karena teknologi layar baru lebih efisien asupan dayanya.

Kuo menyatakan prosesor A7X masih akan dirakit oleh Samsung dan juga lebih efisien daya. "Kami memperkirakan kapasitas baterai iPad 5 25 sampai 30% lebih kecil dibanding iPad 4," pungkas Ming.

Samsung Galaxy Note III

Samsung Galaxy Note III kemungkinan akan debut pertengahan tahun ini. Dan dipasarkan tidak lama sesudahnya. Yang menarik, Samsung kabarnya akan memakai bahan metal premium di Galaxy Note III.

Material plastik yang membalut gadget Samsung memang kerap dijadikan bahan cibiran oleh kompetitornya. Tak heran, mengingat gadget rivalnya rata-rata sudah menggunakan bahan alumunium.

Spekulasi bahwa Galaxy Note 3 akan berbalut alumunium muncul karena kabarnya Samsung sebenarnya terkesan dengan desain HTC One. Lebih dari itu, HTC pula yang secara terbuka mencibir Galaxy S4 bukanlah sesuatu yang wah karena terbuat dari plastik.

Sejumlah bocoran mengungkap apa yang akan dihadirkan Samsung di Galaxy Note 3. Samsung akan membenamkan user interface Nature UX yang diklaim simpel dan efektif. Desainnya akan lebih tipis, dengan ukuran layar lebih lebar, yakni 6,3 inch.

Bahan OLED plastik pada displaynya, diklaim akan sangat kokoh dan tak mudah pecah. Galaxy Note 3 juga disebut-sebut akan menjadi handset pertama yang menggunakan Android 5.0 atau Key Lime Pie.

Apple iWatch

Berawal dari rumor, kini tampaknya keinginan Apple untuk mewujudkan jam tangan pintar semakin mendekati kenyataanya. CEO Apple Tim Cook kabarnya telah membentuk tim khusus untuk menggarap proyek iWatch ini.

Malah menurut sumber terdekat perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut, Cook mengisi tim tersebut dengan 100 orang yang berasal dari berbagai divisi mulai dari ahli perangkat lunak, peneliti hardware, hingga dari orang marketing yang sebelumnya menggarap iPhone dan iPad.

Dugaan kuat menyebut jika Senior Director of Engineering Apple James Foster dan Manager Apple Achim Pantfoerder akan memimpin proyek ini.
Dengan menggelindingnya rumor ini, maka eksistensi jam tangan pintar ini semakin menyeruak. Termasuk melengkapi sumber internal media Wall Street Journal menyatakan Apple tengah menguji coba dan peluncuran resmi tampaknya tinggal menunggu waktu.

BlackBerry Q10

BlackBerry Q10 kabarnya akan segera dipasarkan. Jika BlackBerry Z10 mengusung layar sentuh, maka Q10 akan memakai keyboard qwerty yang selama ini menjadi ciri khas BlackBerry.
BlackBerry Q10 siap lepas landas untuk melenggang ke pasar ponsel dunia. Peluncuran pertama kemungkinan besar akan dilakukan di 'kampung halaman' BlackBerry, Kanada.
Operator setempat, Roger, dilaporkan bakal mulai menjual BlackBerry Q10 pada 30 April 2013. Belum disebutkan lebih lanjut berapa harga jual BlackBerry Q10. Namun sebelumnya, handset hibrid -- layar sentuh dan keyboard qwerty -- itu diisukan dilepas di kisaran harga Rp 7,8 juta.

Harga tersebut pun kemungkinan bakal sama seperti di Indonesia yang rencananya baru akan masuk pada bulan Mei mendatang. Meski lebih mahal dari para pendahulunya, Z10, namun Q10 yang menawarkan keypad Qwerty pertama BlackBerry 10 ini diyakini akan laku keras.

Google Glass

Kacamata pintar Google Glass tampaknya segera dipasarkan secara massal. Google baru saja mengapalkan Google Glass versi Explorer pada developer dan beberapa pihak.

Harganya USD 1.500 yang diakui mahal oleh Google, namun karena versi tersebut ditujukan untuk uji coba awal sebelum dipasarkan secara massal.
Lalu kapankah Google Glass untuk konsumer siap dipasarkan? Kemungkinan akhir tahun 2013 ini atau paling lambat tahun 2014.

"Google Glass adalah sebuah masterpiece. Perangkat ini mengkombinasikan fungsi dan fitur beragam dalam unit yang sangat kecil," kata desainer asal Jerman, Martin Missfeld.

"Selain ponsel dan kamera, juga ditawarkan koneksi internet dan termasuk juga GPS," tambahnya.

"Fungsi kunci Google Glass adalah layer visual yang membuka kemungkinan baru mengagumkan. Ia memiliki proyektor mini, yang memproyeksikan layer itu melalui prisma semi transparan yang diarahkan langsung ke retina mata," jelasnya.

iPhone 5S

Isu seputar iPhone 5S terus bergulir. Menurut situs Jepang Macotakara dan analis dari Topeka Capital Market, Brian White, iPhone 5S nantinya akan hadir dengan lima warna pilihan.

Tidak secara detail warna-warna apa saja yang akan dipilih Apple untuk mendadani iPhone 5S. Tetapi kemungkinan adalah sama seperti iPod generasi ke-5 yang mengusung pilihan warna hitam, putih, pink, kuning, dan biru. Ditambah dengan edisi khusus yang berwarna merah.

Macotakara dalam laporannya menambahkan bahwa kemungkinan besar iPhone 5S akan diumumkan pada bulan Juli 2013, dilanjutkan dengan rilis resmi ke pasaran pada Agustus.

Kabar terakhir menyebut jika produk teranyar Apple itu akan dibekali dengan kamera berkekuatan 12 megapixel. Ada pula spekulasi bahwa iPhone 5S harga awalnya lebih murah dibanding para pendahulunya. Dengan casing terbuat dari plastik.

PlayStation 4

Rumor mengenai kehadiran konsol game terbaru dari Sony akhirnya terbukti dalam sebuah acara yang dihelat di New York, Februari lalu Dan konsol itu bernama, PlayStation 4!.

Pengumuman PlayStation tersebut memang diwarnai banyak tanda tanya para penggemarnya. Salah satunya wujud dari konsol itu sendiri yang masih disembunyikan Sony.
Sony hanya mengumbar janji-janji manis soal PlayStation 4. Tak banyak bicara soal spesifikasi hardware memang, tapi produsen asal Negeri Sakura ini mengklaim bahwa gamer akan semakin dimanjakan dengan berbagai fitur baru di konsol tersebut, misalnya dengan kehadiran kontroler baru bernama DualShock 4.

Kemungkinan besar Sony memang sengaja 'menyimpan' PlayStation 4 untuk pameran Electronic Entertainment Expo (E3) pada Juni 2013. Kita tunggu saja nanti.
PlayStation 4 memakai prosesor 8 core. Sektor grafis memakai GPU komputer yang diklaim cukup bertenaga, sedangkan memori ditopang dengan DDR5 8 GB.

Xbox 720

Microsoft memang belum menentukan kapan konsol game terbarunya -- yang disebut-sebut sebagai Xbox 720 -- akan diluncurkan. Namun salah seorang analis memprediksi kemenangan perangkat game itu atas kompetitornya.

Menurut analis Michael Pachter, Xbox 720 itu besar kemungkinan akan mengalahkan konsol game terbaru lainnya, seperti PlayStation 4 (PS4) atau Nintendo Wii U.
Salah satu yang menjadi 'senjata' Xbox 720 adalah fitur Skype dan aplikasi TV Tuner. Dia percaya dua faktor ini akan menjadi fitur serius untuk menenggelamkan PS4 dan Wii U.

Memang hal itu masih harus dibuktikan nanti saat Microsoft mengumumkan secara resmi konsol game terbarunya. Desas-desus menyebutkan, raksasa software itu tengah menyiapkan acara khusus di 27 April 2013 nanti. Pengumuman Xbox 720? Mungkin saja.

Sebelumnya salah seorang sumber yang tak ingin disebutkan namanya membocorkan spesifikasi teknis Xbox 720 secara lengkap. Seperti kecepatan 3 kali lebih ngebut dari Xbox 360. Akan hadir dalam dua versi, Arcade 320 GB atau 500 GB Pro.

Sumber : Detik