5 Tips untuk Mempertahankan Startup Anda di Tahun Pertama

Posted : 17 - 5 - 2013

Masa yang paling beresiko dalam sebuah bisnis adalah masa-masa awal bisnis itu dijalankan. Di tahun pertama dan kedua, tiga dari sepuluh startup bangkrut. Dalam lima tahun, lima dari sepuluh startup hanya tinggal sejarah.

Seringkali, retailer yang baru dibuka menandatangani kontrak satu tahun. Mereka bertahan selama dua belas bulan sejak mereka diwajibkan membayar sewa sepanjang masa kontrak. Dan ketika waktunya telah berakhir, bisnis mereka mengering dan mereka harus gulung tikar.

Masa-masa awal adalah masa yang paling krusial untuk sebuah startup. Apakah bisnis ini dapat bertahan? Ataukah bisnis ini hanya akan menambah daftar panjang bisnis-bisnis kecil yang gulung tikar? Berikut ini ada lima langkah untuk mempertahankan bisnis Anda pada masa-masa awal.

1.  Berbicara pada konsumen

Dalam sebuah bisnis, penelitian pasar merupakan hal yang penting. Dan tidak ada penelitian pasar yang lebih akurat selain berbicara langsung dengan konsumennya. Dengan melakukan penelitian pasar, sebuah startup dapat terhindar dari banyak masalah. Dengan melakukan penelitian pasar, Anda bisa mengetahui penawaran yang tepat untuk menarik konsumen, harga yang tepat, dan target pasar yang tepat.

2.  Pilihlah lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat tidak harus toko secara fisik, tapi alamat website yang tepat juga perlu diperhatikan dalam membangun sebuah startup. Apakah Anda memilih alamat website yang mudah diingat, atau Anda membuka toko di tempat yang ramai dilewati, pastikan tenpat usaha Anda berada di tempat yang tepat.

3.  Menjaga pengeluaran

Carilah segala hal yang memungkinkan Anda untuk berhemat dan memotong anggaran. Hal ini akan membantu usaha Anda untuk bertahan lebih lama. Ada banyak strategi yang dapat Anda lakukan untuk berhemat, misalnya dengan mempekerjakan seorang ahli keuangan, melakukan kredit, atau bahkan memotong pengeluaran yang tidak perlu seperti pengeluaran untuk tukang bersih. Anda bisa melakukan apa saja yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk berhemat.

4.  Rencanakan masalah

Hal yang paling mungkin terjadi selain pajak dan kematian, adalah kejadian tak terduga yang dapat meruntuhkan usaha Anda. Duduklah, dan pikirkanlah tentang segala hal yang mungkin dapat terjadi, dan segala hal yang mungkin dapat berakibat fatal. Setelah itu, buatlah perencanaan untuk menangani masalah tersebut.

5.  Analisalah bisnis Anda

Meskipun sulit untuk menemukan waktu luang ditengah-tengah kesibukan sebuah bisnis baru, akan sangat penting untuk mengambil waktu dan melihat sudah sampai di mana bisnis Anda berjalan. Apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat? Apakah Anda sudah menuju pada gol yang tepat? Jika belum, segera rubahlah haluan.

Sumber: startupbisnis.com