Firefox 4 vs Internet Explorer 9

Posted : 5 - 5 - 2011

Pilih Fast & Powerfull atau Clean & Secure
Persaingan antara Internet Explorer 9 dan Firefox 4 dimulai. Keduanya sama-sama menawarkan fitur baru dan kecepatan proses menjanjikan, namun salah satu hal yang jadi pembeda adalah IE9 tak bisa berjalan di Windows XP, sementara Firefox 4 bisa!

Dengan demikian, pengguna XP masih bisa menikmati kemampuan browser si rubah api versi terbaru. Di sisi lain, Microsoft disayangkan banyak pihak lantaran kurang mengakomodir pengguna XP yang notabene juga merupakan produk yang dilahirkan raksasa software tersebut. Terlebih, jumlah pengguna XP diyakini masih banyak di kalangan pengguna komputer rumahan hingga korporat.

Sudah pasti, persaingan antara Firefox 4 vs IE9 bakal menarik untuk disimak. Sebab, keduanya dikatakan sama-sama mewakili browser di era modern. Kira-kira siapa yang akan menang?


INTERNET EXPLORER 9

Lebih Bersih dan Rapi
Tak seperti kebanyakan versi terdahulu yang penuh opsi, tampilan IE9 kini lebih bersih. Ini karena kolom URL berada sejajar dengan tab browser. Selain itu, IE9 memiliki notifikasi baru yang muncul di bawah browser.            Layaknya Google Chrome, pengguna juga dapat langsung melakukan pencarian pada kolom URL IE9 saat toolbar Bing dinyalakan. Jika bosan, toolbar bisa diganti dengan situs pencari lain seperti Google misalnya.

Interface utama brower ini jauh lebih simpel. IE9 juga mendukung HTML 5 serta mampu memaksimalkan kartu grafis untuk menangani animasi atau gambar yang berat. Ia mampu membuat kartu grafis di PC melakukan render grafis dan animasi lebih cepat. Jika dibanding IE8 atau Firefox 3.6, IE9 memang 'berlari' lebih cepat. Berdasar test benchmark JavaScript oleh SunSpider, browser terbaru Microsoft ini lebih cepat enam kali dibanding Firefox 3.6.

Pengguna pun disuguhi fitur keamanan terkini dengan Active X-Filtering yang bisa dinonaktifkan. IE9 juga memiliki fitur yang bakal memperingatkan pengguna jika beban add-ons memperlambat kecepatan browsing. Beberapa browser lain seperti Firefox belum mengembangkan lebih lanjut fitur seperti ini.

Terintegerasi Windows 7
Bagi pengguna Windows 7, IE9 merupakan pasangan serasi. Pasalnya beberapa fitur IE9 memang didesain bagi penggunaan Windows 7, seperti fitur aero peek contohnya.Saat IE9 dipasang pada taskbar Windows 7, cukup dengan klik kanan pengguna langsung bisa mengakses situs-situs kesayangan mereka, ataupun melakukan In Private browsing.

Tak hanya itu, IE9 masih memiliki fitur lain bernama One box. Layaknya Google Chrome, dengan fitur ini pengguna IE9 bisa melakukan pencarian ataupun browsing dalam satu bar. Secara default, IE9 menggunakan mesin pencari Bing. Namun pengguna tetap bisa menggantinya dengan situs pencari lain.

Lebih Aman dengan Tracking Protection
Microsoft menambahkan sebuah senjata baru pada browser Internet Explorer 9 (IE9) bernama Tracking Protection. Fitur ini menawarkan filter keamanan yang lebih pada pengguna, tanpa khawatir data-data pribadi mereka dilacak.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melakukan filterisasi halaman tertentu pada web site yang mungkin memiliki data-data privasi yang penting. Menurut Petter Cullen selaku Chief Privacy Strategist Microsoft, konsumen saat ini sudah dihadapkan pada kebutuhan privasi, terkait informasi yang mereka akses.

Generasi terbaru dari IE9 bakal lebih peduli terhadap permasalahan privasi informasi seperti di atas. Dengan 'Tracking Protection', pengguna dapat mengelola informasi pada situs yang diakses dengan lebih aman.

IE9 sudah bisa diunduh melalui situs beautyoftheweb. Sayangnya, IE9 hanya tersedia untuk sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 saja sehingga user Windows XP yang jumlahnya terhitung banyak, harus gigit jari.           

FIREFOX 4

Peningkatan Peforma
Dengan start-up lebih cepat, grafis rendering yang andal dan kecepatan beban pada load halaman, kinerja Firefox 4 akan terlihat langsung saat dicoba. Dengan penggunaan proses memori komputer yang kecil, Firefox 4 siap mempercepat kinerja browsing anda tiga sampai enam kali dari sebelumnya.

Firefox 4 juga mengalami improvement di sisi game dimana sudah support untuk WebM video format, full hardware acceleration untuk grafis yang lebih baik, plugin sandboxing untuk crash protection yang lebih baik, privacy protection ekstra dan support yang ditingkatkan terhadap HTML5 dan CSS3.

Powerfull Personalization
Dengan bar yang lebih disempurnakan dari versi sebelumnya, Firefox memberikan kemudahan dalam menakses dan menata konfigurasi yang Anda sukai. Dan telah tersedia personal baru yang menjadikan kegiatan internet lebih menyenangkan. Ditambah Add-ons yang semakin lengkap di Firefox 4 ini dapat beguna bagi anda.

Web AcceleretionPenyesuaian Firefox terhadap pengembangan teknologi semakin jelas pada Firefox 4. Banyak sekali penyempurnaan pada sisi web ini, seperti Newest Web Technologies, Upgrading Forms, WebM and HD Video, Parser, IndexedDB, Next-Generation Graphics, Enhanced File API, Stylin’ Pages with CSS3, Audio API, Multi-touch Support, dan  Web Console.

Manageable Tab Groups

Fitur ini mengelompokkan tab atau halaman yang kita buka dalam satu grup. Tab groups ini mudah diatur sesuai keinginan kita, mengatur tab yang diprioritaskan dan tab search untuk membantu kita menemukan tab tertentu dengan cepat terutama bila kita bekerja dengan banyak tab.Di Firefox 4 juga kita bisa men-pin tab seperti yang kita temukan di browser Google Chrome di bagian kiri tab bar dalam bentuk tiny favicon.

Firefox Sync
Dengan fungsi Synchronization seluruh preferences termasuk password, bookmark, history, open tab dan setting-an lainnya akan otomatis tersimpan dan segera sync bila kita misalnya baru saja ganti komputer atau baru menginstall ulang komputer.


OTHER ARTICLES
© Copyright by D~NET Surabaya 2011 | This site is best viewed with a resolution of 1024x768 (or higher)
back to top