D~NET Website      Homepage     

Kini, Lebih Banyak Wanita Indonesia Jadi Pengusaha

Posted : 6 - 3 - 2012

Kesetaraan jender di Indonesia telah mengalami kemajuan penting dalam beberapa hal. Ini merupakan salah satu hal yang tercantum dalam Laporan Pembangunan Dunia tahun 2012 mengenai kesetaraan jender dan pembangunan yang dikeluarkan oleh Bank Dunia.

Seperti kebanyakan negara berkembang lainnya, Indonesia telah mengalami kemajuan dalam hal peningkatan kesehatan untuk para perempuan dan anak-anak perempuan, termasuk juga kemajuan atas akses mereka terhadap keuangan dan keadilan.

"Kesetaraan jender di Indonesia telah meningkat secara signifikan selama lebih dari dua dekade terakhir. Tingkat harapan hidup perempuan adalah 73, lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 71," ujar Stefan Koeberle selaku Direktur Bank Dunia untuk Indonesia.

Kini, lanjut Stefan, lebih banyak perempuan yang menjadi pengusaha seiring dengan tersedianya bantuan kredit mikro. "Lebih banyak juga perempuan yang menjadi lebih sadar akan hak-hak hukum mereka karena pelatihan paralegal-paralegal di pedesaan," kata dia.

Akan tetapi, Bank Dunia juga masih menaruh catatan pada partisipasi tenaga kerja, kematian ibu melahirkan, representasi politik, akses ke institusi keuangan formal, juga perencanaan dan penganggaran pembangunan. Untuk itu, Stefan mengungkapkan, Bank Dunia telah bekerja sama secara aktif dengan Pemerintah Indonesia dalam program-program untuk meningkatkan keadilan jender di beberapa area tersebut.

Selama lebih dari lima tahun terakhir, Bank Dunia telah menyalurkan dana sebesar USD 65 miliar untuk mendukung pendidikan anak-anak perempuan, kesehatan para perempuan, hingga akses para perempuan terhadap kredit, tanah, dan layanan-layanan pertanian. "Ke depannya, Grup Bank Dunia akan mengutamakan pekerjaan jender kita dan mencari sejumlah jalan lainnya untuk mengedepankan agenda untuk menangkap keseluruhan potensi dari separuh populasi dunia," kata Presiden Bank Dunia Robert B Zoellick.

Sumber : kompas.com