D~NET Website      Homepage     

7 Kriteria Wanita Menjadi Entrepreneur Sukses

Posted : 6 - 3 - 2012

Menurut survei yang dilakukan American Express pada tahun ini, wanita Amerika meluncurkan bisnis baru 1,5 kali lebih banyak dari rata-rata nasional. Di Kanada, wanita lebih hebat lagi. Kaum hawa ini tak hanya produktif bekerja tapi juga mampu membuka bisnis baru dan prosentasenya dua kali dari rata-rata nasional.

Wanita sedang menyiapkan diri menjadi entrepreneur-entrepreneur yang sukses. Wanita memiliki kemampuan yang tak bisa disangkal yang pada akhirnya bisa membawa mereka untuk menjadi pelaku bisnis sukses. Demikianlah pernyataan Krizia de Verdier, produser eksekutif dan pembawa acara Women Entrepreneur HQ Online Show.

Lalu kriteria-kriteria apa saja yang membuat wanita bisa menjadi entrepreneur sukses?

 

1. Multi-thinker

Tak bisa dipungkiri bahwa wanita adalah sosok yang multi-task dan multi-think. Sepertinya ini sudah terdapat dalam DNA para wanita. Buktinya, wanita akan selalu siap sedia ketika buah hatinya membutuhkan dirinya meski ia sedang memikirkan hal lain atau sedang fokus mengerjakan pekerjaan lain. Dalam dunia bisnis, entrepreneur dituntut untuk bisa fokus pada banyak hal dalam waktu yang bersamaan.

 

2. Pemikir yang kreatif dan abstrak

Wanita umumnya terbiasa berpikir abstrak dibanding pria. Kemampuan menjadi pemikir yang abstrak merupakan salah satu kunci keberhasilan entrepreneur. Pemikiran abstrak ini berkaitan dengan perasaan di mana wanita bisa membuat keputusan berdasarkan apa yang dirasakannya mengenai sesuatu tanpa harus mengacu pada fakta. Kondisi itu berguna dalam proses pengambilan keputusan pada situasi yang cukup sulit. Sebagai pemikir yang kreatif, wanita mampu dan terbiasa untuk berpikir "outside the box".

 

3. Lebih mengutamakan faktor kesetaraan dibanding kompetisi

Wanita secara alami mempunyai teknik egaliter dalam berkomunikasi di mana biasanya mereka lebih mau menghargai opini seseorang dibanding harus memaksakan opininya.

 

4. Memastikan timnya bahagia

Wanita secara alami memiliki sifat mengayomi dan sebagian besar wanita mempunyai sifat peduli terhadap orang-orang di sekelilingnya. Kondisi seperti ini dapat menjadi pertanda bahwa dirinya bisa menjadi pemimpin yang mampu memperhatikan kebahagiaan tim serta pegawainya. Sukses yang diperoleh entrepreneur wanita tak hanya akan dianggap sebagai miliknya pribadi sebagai pelaku bisnis melainkan juga milik tim secara keseluruhan.

 

5. Menghargai perkembangan personal

Wanita pada umumnya rajin membeli aneka macam produk pengembangan diri dan sekitar 60-70 persen wanita suka menghadiri seminar-seminar pengembangan diri. Kondisi ini membuktikan bahwa kaum hawa memiliki semangat tinggi untuk belajar menjadi pemimpin atau pelaku bisnis yang lebih baik.

 

6. Mempunyai kemampuan berelasi secara natural

Membangun relasi merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki entrepreneur dan wanita bisa melakukannya dengan cepat. Sepanjang menjalin relasi yang baik dengan klien, vendor dan rekan kerja dianggap sebagai kunci sukses mengelola bisnis maka tak perlu khawatir karena wanita lihai melakukannya.

 

7. Pendengar yang baik

Wanita adalah pendengar yang baik dan mereka juga tanggap akan petunjuk non verbal. Cara terbaik memahami kebutuhan klien adalah mendengarkan dan mencoba mencari tahu apa yang benar-benar dibutuhkannya. Ini dapat diterapkan dengan mudah oleh wanita sebab mereka mempunyai kemampuan mendengarkan dengan penuh perhatian.

 

Sumber: WomenEntreprener