Tetap Sehat Via Ponsel

Posted : 1 - 3 - 2011

Ponsel telah menjadi kebutuhan primer masyarakat modern. Wajar bila ponsel sudah seharusnya dimanfaatkan secara optimal guna menunjang aktivitas pengguna. Salah satunya, pemanfaatan ponsel sebagai medium untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Aplikasi ponsel bertemakan kesehatan telah banyak beredar. Penyedia aplikasi semodel Apps Store milik Apple dan Ovi milik Nokia tampak serius mengarap aplikasi bertemakan kesehatan. Berikut 10 aplikasi kesehatan yang mungkin bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk bergaya hidup sehat:

MedWatcher
Medwatcher merupakan aplikasi garapan tim riset Children Hospital Boston. Tujuan aplikasi ini dibuat adalah untuk menjadi panduan bagi pengguna untuk mengupdate obat-obatan dan hasil riset terbaik. Melalui aplikasi ini, anda juga bisa mengadukan adanya efek negatif dari obat yang dikonsumsi.

Airstrip Observer Suite
Dokter pribadi?mungkin terbilang mahal bagi anda berbudget pas-pasan. Tapi jangan khawatir, aplikasi pengganti dokter pribadi telah tersedia. Aplikasi itu bernama Airstrip Observer Suite. Airstrip memungkinkan dokter untuk mengecek catatan pasien secara real time. Jadi, ketika ada suatu kejadian tak terduga dokter segera mengecek anda.

SymTrend
Mengkontrol kondisi kronis terbilang sulit. Namun, SymTrend mengubah pandangan itu. Pasalnya, aplikasi ini memberikan informasi dan tips tentang kondisi kronis mulai dari kanker dan autisma. SymTrend bertindak layaknya buku harian virtual yang merekam gejala penyakit anda. Aplikasi ini memungkinkan pula melakukan pelacakan terhadap kondisi seseorang seperti alergi, efek samping obat dan banyak lagi.

BabyBump
Anda ingin mengetahui secara detail membesarkan bayi mungkin bisa mengunduh Babybump. Aplikasi ini mirip seperti forum yang berisikan diskusi secara online bersama konselor. Jadwal janji dengan dokter dan sejumlah catatan penting lain merupakan fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini.

Lifesaver Submit
Ide aplikasi ini terinspirasi dari tombol rumah sakit yang menandakan pasien dalam kondisi gawat atau butuh bantuan. Jika seseorang sedang berada di jalan dan terkena serang jantung selain menekan angka 911, pengguna juga bisa meminta pertolongan untuk mencari pertolongan terdekat dengan hanya mengklik aplikasi

BMI Tool
Anda bermasalah dengan berat badan mungkin bisa memanfaatkan aplikasi BMI Tool. BMI Tool merupakan aplikasi yang membantu seseorang mendiagnosa berat tubuh apakah tergolong ideal atau obesitas. Dengan hanya menginput data berat badan, tinggi berat, usia dan aktivitas kerja, pengguna bisa menghitung tingkat metabolisme basal (BMR) dan total pengeluaran energi harian (TDEE). Aplikasi ini tentu bermanfaat bagi penderita diabetes yang membutuhkan gaya hidup sehat dan teratur.

The Oncologist
Seperti namanya, aplikasi The Oncologist dirancang untuk dokter sepsialis kanker, darah dan radias. Aplikasi tidak hanya berisi artikel dan studi kasus dari jurnal Onkologi melainkan juga video dan podcast.

Medscape
Aplikasi Medscape berisikan informasi tentang penyakit dan perkembangnya. Setiap penyakit disertakan foto klinis.

Tabers Medical Dictionary
Sebagai orang awam, kesulitan utama memahami dunia medis adalah keberadaan istilah. Dengan Taber, istilah itu dijelaskan dengan detail berikut foto rinci tentang visualiasi makna dari istilah yang dimaksud.

Sumber: republika


OTHER ARTICLES