Perhatikan Sebelum Pilih Gadget Android

Posted : 1 - 3 - 2011

Ada banyak pengamat gadget yang bilang bahwa mulai tahun 2011 adalah masa dimana Android akan menjadi primadona gadget. Ini persis seperti tahun dimana Nokia menggeser Motorolla atau tahun dimana Blackberry menggeser Nokia.
Jadi untuk Anda yang masih memakai handset selain Android tidak ada salahnya untuk mulai mencoba Andorid dan mulai merasakan perbedaan dan kemudahannya. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu Anda memilih handset andorid mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Versi Android di Handset
Yang perlu diperhatikan pertama kali tentunya versi Andorid yang sudah diinstall di handset tersebut. Handset dengan android versi 1.5 (Cupcake) atau 1.6 (Donut) sebaiknya tidak menjadi pilihan, karena versi ini tidak dapat menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru, seperti Google Maps, Navigasi dan beberapa aplikasi terbaru lainnya.

Lebih baik mencari versi 2.0 (Eclair) atau 2.1, lebih baik lagi bila sudah terinstall oleh android versi 2.2 (Froyo) karena sudah mempunyai kemampuan menjadikan handset kita sebagai Wi-Fi hotspot dan memainkan Flash saat browsing.
Akan jauh lebih baik lagi bila sudah terinstall versi 2.3 (Gingerbread), tapi kayaknya untuk saat ini bukan merupakan hal wajib karena versi 2.3 ini hanya menambahkan beberapa perbaikan kecil dan juga kecepatan yang lebih handal.

Processor
Yang harus diperhatikan berikutnya adalah processor. Ingat processor adalah jantung dari handset, semakin cepat processor yang ditanamkan di handset tersebut, berarti semakin cepat pula kinerja aplikasi-aplikasi yang kita jalankan.

Handset dengan processor 500MHz sudah cukup bila keperluan Anda hanya untuk telepon, SMS, atau menjalankan aplikasi sederhana. Atau, kalau tidak ingin menunggu lama ketika membuka suatu aplikasi bisa memilih handset dengan processor 800MHz.

Tapi dengan perkembangan aplikasi-aplikasi Android yang sudah semakin bervariasi, lebih baik mencari handset dengan processor minimal 1GHz, karena processor dengan kecepatan ini sudah bisa menjalankan aplikasi dengan jauh lebih cepat dan multitasking, artinya bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar.

Ukuran dan Resolusi Layar Handset
Ukuran layar juga penting, selain untuk memastikan handset pas bila dimasukkan ke saku, Andorid lebih nyaman dipakai dengan screen yang lebih besar. Lebih baik memilih handset minimal ukuran layar 4? – 4.3?. Handset dengan 3.5? atau 3.7? masih kurang lebar, perlu diperhatikan bahwa semakin besar ukuran layar, semakin besar juga konsumsi baterainya.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah resolusi layarnya. Lebih baik memilih layar dengan resolusi 480×800 pixels, karena dengan resolusi layar tersebut layar terlihat lebih terang dan tajam, walaupun memang masih kalah tajam dengan iPhone 4, tapi setidaknya cukup untuk melihat photo dan video.

Baterai
Ini salah satu kelemahan andorid yang belum dapat menyaingi iPhone. Tapi hal ini cukup wajar dengan kemampuan memainkan Flash, tentunya Andorid butuh konsumsi baterai yang besar. Kalau untuk baterai selama masih bisa bertahan 5-6 jam untuk pemakaian normal, itu sudah cukup bagus. Kalau hanya memakai untuk keperluan telephon, SMS, cek email sedikit browsing dan main games, Android masih bisa bertahan 6-7 jam.

Fitur Ekstra
Beberapa fitur ekstra seperti kemampuan kamera dengan 3 MP atau 8 MP dengan lampu flash atau tidak itu kembali kepada Anda sendiri apakah memerlukan kamera dengan kemampuan tinggi atau yang cukup, semakin banyak fitur tambahan tentunya harganya menadi lebih mahal.

Sumber: www.ginanjar.com


OTHER ARTICLES