Perang OS Ponsel Kian Memanas : Iphone v Android v BlackBerry

Posted : 1 - 3 - 2011

Menurut perkiraan, Android akan menjadi OS mobile yang paling banyak digunakan pada 2013 nanti. OS pabrikan raksasa Google itu telah tumbuh 100 kali lebih besar daripada awal kehadirannya di 2008. Selama 3 tahun ini, Android sudah meraih 68 juta ponsel di seluruh muka bumi.Prediksi ini juga akan menyingkirkan iPhone, BlackBerry dan Windows Mobile. Latar belakangnya, sudah mulai banyak perusahaan yang mulai membuat ponsel ber-OS kan Android.


Perusahaan besar seperti Acer, LG, Dell, Samsung, Sony Ericsson dan Motorola telah merilis ponsel tersendiri untuk menggunakan OS Google Android ini. Mungkin saja Android akan menjadi masa depan gadget tahun depan. Selain sejak lama bertarung memperebutkan pangsa pasar perangkat keras, pertempuran tiga vendor ponsel cerdas, BlackBerry, iPhone, dan Android, juga berlangsung demikian sengitnya di pasar aplikasi.

Aplikasi adalah kumpulan games atau software untuk pekerjaan kantor atau solusi praktis kehidupan, yang bisa diunduh oleh pengguna ketiga perangkat itu. Ada yang sifatnya gratis penuh, masa trial, ataupun langsung berbayar. Bagi pengguna Android, aplikasinya bernama Android Market yang mayoritas gratisan euy! Sementara pengguna BlackBerry dan iPhone masing-masing bernama BB App World dan Apple App Store, namun kebanyakan berbayar.

Prestasi fenomenal dicetak Apple App Store, yang sejak diluncurkan pada 11 Juli 2008 lalu, hingga Januari 2011 ini sudah terjadi 10 miliar download! Diklaim, ada lebih dari 300.000 aplikasi yang terbagi dalam 20 kategori di dalamnya. Mulai dari game, sport, bisnis, hingga kesehatan. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh melalui tiga gadget Apple yakni iPhone, iPod Touch dan iPad. Semuanya mengenakan sistem hanya tinggal klik ikon App Store di layar.

Sejumlah analisis gadget luar negeri, seperti dikutip ZDnet, menyebutkan bahwa kehadiran pasar aplikasi Apple ini sudah merevolusi cara konsumen membeli dan mengunduh aplikasi, meski strategi gratis dikenakan di awal. Pada hari pertama diluncurkan pada tahun 2008 tadi, Apple App Store menyediakan sekitar 500 aplikasi yang seperempat di antaranya gratis. Tiga hari kemudian, jumlahnya bertambah signifikan ke angka 800.

Enam bulan kemudian, tepatnya April 2009, jumlah aplikasi Apple App Store melonjak menjadi 500 ribu dan kurang dari satu tahun mencapai satu juta. Hingga kini, jumlah aplikasi App Store terus tumbuh. Di sisi lain, dengan mengutip hasil survei TNS Research kepada 1.100 pengguna di Indonesia, Thailand, dan Malaysia, maka BlackBerry App World juga mengklaim sebagai tempat unduh aplikasi terbaik.

Menurut Gregory Wade, Managing Director RIM Asia Tenggara, riset itu menyatakan bahwa pengguna ponsel cerdas di Indonesia lebih mengenal aplikasi milik BlackBerry dibandingkan milik iPhone dan Android. Dia mengungkapkan dengan kehadirannya yang berada di 70 negara dengan ketersediaan enam bahasa berbeda, plus 300.000 pengembang aplikasi di dalamnya, maka pasar aplikasi ini disebut-sebut lebih baik.

“Setiap harinya kami catat dua juta download dari 35 juta pengguna BlackBerry App World. Situs jejaring sosial adalah aplikasi paling banyak dicari pengguna ponsel pintar,” katanya seperti dipublikasikan Bisnis Indonesia, awal bulan ini. Lantas, bagaimana dengan pasar aplikasi Android yang sohor disebut Android Market? Tentu saja, mereka tidak mau kalah jualan kecap! Menurut majalah komputer dunia, PCMag, 300.000 aplikasi saat ini sudah hadir disana.


Padahal, saat pertama memulai debutnya di Oktober 2008, bersamaan dengan peluncuran handset Android pertama, yakni HTC G1, waktu itu baru ada 34 aplikasi dan 9 game. Sangat sedikit, memang. Per Februari 2009, Google mulai menerima aplikasi berbayar dari developer Amerika Serikat dan Inggris. Dan akhir tahun 2009 lalu, jumlah aplikasi melonjak hingga 38.000 buah! So, waktu yang akan mencatat siapa pemenang pasar aplikasi ini nantinya.

Sumber: Bisnis Indonesia


OTHER ARTICLES