Michelle Obama Wanita Paling Berkuasa Sejagat

Posted : 1 - 3 - 2011

Orang hebat itu bernama Michelle Obama. First Lady Amerika Serikat itu kini ada di peringkat pertama dalam daftar 100 wanita paling berkuasa di jagat versi majalah Forbes. Michelle adalah sosok unik, sederhana, sedikit gaya, pintar--tentu saja, karena dia lulusan Universitas Harvard, dan sangat berpengaruh di dunia politik.

Tak heran, bila Michelle menggeser wanita-wanita "perkasa" lainnya seperti Oprah Winfrey atau Kanselir Jerman Angela Merker. Dalam Forbes edisi Oktober 2010, peringkat Michelle naik 39 tingkat. Adapun perempuan-perempuan hebat lainnya justru melorot. Contohnya, Angela Merkell yang merosot ke posisi ke empat. Oprah juga cuma ada di posisi ketiga.

Sejak masuk ke Gedung Putih 2008, Michelle mulai menemukan dunianya. Dia bukan cuma jadi ibu negara yang hanya bisa jalan-jalan menghabiskan uang. Dia juga bukan asal-asalan membuat gerakan ala Dharma Wanita. Michelle terlibat aktif dalam penyusunan kebijakan Obama memperjuangkan hak-hak wanita. Dia tak seperti Laura Bush, istri George W Bush yang nyaris tak terdengar dan cuma gunting pita peresmian di sana-sini. Sosok Michelle juga berbeda dengan Hillary Clinton. Meski sama-sama teguh memegang prinsip, Michelle jauh lebih keras berjuang saat reformasi perawatan kesehatan.

Kekuatan daya tawar politiknya sering dia manfaatkan untuk menggulirkan isu-isu penting. Contohnya, untuk memerangi fenomena kegemukan pada anak-anak Michelle memaksa perusahaan seperti General Mills, Coca-Cola, dan Kellogg "menulis ulang" proses pembuatan produk mereka. Mereka harus mengurangi kadar kalori pada produknya hingga 2012.

Soal fashion, ibu dua anak ini jangan ditanya. Dia bukan pemburu merek-merek mahal. Tapi, dia sangat pintar memilih busana. Misalnya, dia bisa memadukan sepatu olahraga Lanvin seharga Rp 5 juta, sepatu yang dia pakai saat dia menjadi sukarelawan pembagi makanan, dengan merek seperti Isabel Toledo, Jean-Paul Gaulteir, Narcisco Rodriquez, Jimmy Choo. Dengan citra hebat itu, tak heran "Sebanyak 54 persen orang Amerika suka dengan Michelle Obama," begitu Forbes menulis.

Satu-satunya wanita yang bisa mendekati kehebatan Michelle, saat ini adalah Chief Executive Officer Kraft Foods Amerika, Irene Rosenfeld. Dia ada di peringkat kedua. Irene dikenal sebagai pengusaha yang hebat. Tahun lalu dia dikenal sebagai wanita wanita kedua dengan gaji tertinggi di Negeri Abang Sam. Gajinya sekitar US$ 26 juta (Rp 234 miliar).

Salah satu intuisi bisnisnya yang cerdas adalah saat dia mengusulkan untuk membeli salah satu raja permen Inggris, British Candymaker Cadbury. Sejak pembelian itu, laba Kraft melonjak 25 persen. Itu berkat sumbangan laba dari Cadbury Eropa. Adapun wanita hebat di peringkat ketiga adalah Oprah Winfrey. Di dunia selebritas, Forbes menempatkan Oprah sebagai wanita terhebat. Kehebatannya itu bukan cuma karena acara Oprah Winfrey Show masih populer dan bertahan walau telah telah ditayangkan selama 25 musim. Tapi, Oprah adalah inspirasi bagi jutaan wanita. Kisah yang diatuturkan, buku-bukunya, telah membantu jutaan perempuan seantero dunia.

Inilah daftar 9 Wanita Paling Berkuasa Versi Forbes:

1. Michelle Obama - Ibu Negara, AS
2. Irene Rosenfeld - Bos Kraft Foods, AS
3. Oprah Winfrey - Raja tayangan televisi, AS
4. Angela Merkel - Kanselir, Jerman
5. Hillary Clinton - Menteri Luar Negeri, AS
6. Indra Nooyi - Bos PepsiCo, AS
7. Lady Gaga - Penyanyi, AS
8. Gail Kelly - CEO, Westpac, Australia
9. Beyoncé Knowles - Penyanyi dan desainer, AS

Sumber: tempointeraktif


OTHER ARTICLES