Agar Android Tidak Boros Koneksi Data dan Internet

Posted : 1 - 3 - 2011

Soal internet, ponsel Android memang jagonya. Browsernya cepat, koneksinya mumpuni, tampilan webnya oke. Namun, hal itu juga menjadi masalah tersendiri jika Anda tak siap dengan paket internet unlimited. Bisa dipastikan anggaran pulsa Anda akan membengkak di kemudian hari.

Sebenarnya koneksi internet Android bisa diatur supaya tidak terlalu boros, atau bahkan tidak terhubung sama sekali. Tinggal atur pilihan yang Anda inginkan, maka pulsa Anda tak jadi terkuras. Silahkan simak tips berikut ini, dengan contoh menggunakan HTC Desire, Android versi 2.2.

Aktifkan atau matikan koneksi Internet
- Masuk ke menu setting -> wireless & networks -> mobile networks.
- Hilangkan tanda centang pada kolom data roaming dan Enable always-on mobile data.
- Hilangkan tanda centang pada kolom mobile network.

Pengaturan ini otomatis mematikan semua koneksi ke internet. Dengan demikian, Android Anda hanya akan berfungsi layaknya ponsel biasa.

Aktifkan Wi-Fi
Jika Anda berada dalam lokasi hotspot Wi-Fi, baiknya Anda memanfaatkannya untuk koneksi internet. Lumayan kan daripada boros pulsa.
- Masuk ke menu setting -> wireless & networks.
- Beri tanda contreng pada kolom Wi-Fi.

Atur Background Data, Akun dan Sinkronasi
Jika Anda memiliki banyak akun yang sudah aktif di Android (email, twitter atau facebook), sinkronasi yang terus menerus akan membuat email atau facebook Anda tetap update. Namun yang jadi masalah, pulsa Anda pun ikut terkuras.
- Masuk ke menus setting -> accounts & sync.
- Hilangkan tanda centang di pilihan background data.
- Hilangkan tanda centang di pilihan Auto-sync.

Untuk mengatur akun-akun yang ada di Android, tap akun Anda, akan muncul beberapa pilihan sinkronasi. Sesuaikan dengan pengaturan sinkronasi dengan kebutuhan Anda. Nah kini Android tidak lagi ‘haus’ pulsa. Pengaturan dapat diubah sesuai kebutuhan.

Sumber: www.butuhbantuan.com


OTHER ARTICLES