Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Posted : 5 - 7 - 2012

Tidak terasa, Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, fenomena mudik akan kembali mewarnai tanah air. Apakah Anda dan keluarga telah merencanakan untuk mudik pada tahun ini? Jika iya, maka ada banyak pilihan kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk bertemu keluarga besar, salah satunya adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi (mobil) tentu ada sisi positif yang bisa Anda ambil. Biaya perjalanan yang lebih murah serta faktor kenyamanan dan keamanan keluarga, terlebih lagi jika Anda mudik bersama balita atau anak-anak. Mudik dengan kendaraan pribadi tentu saja harus melewati berbagai persiapan agar perjalanan mudik tetap mulus hingga tiba di kota tujuan dan berkumpul bersama keluarga.

 

Persiapan Kendaraan
Jangan lupa lakukan servis kendaraan Anda setidaknya dua minggu sebelum Anda mudik. Bengkel servis kendaraan menjelang mudik biasanya dipenuhi antrian kendaraan yang akan servis, karena itulah lakukan perawatan dan servis jauh hari sebelumnya. Ingatkan suami Anda untuk mengganti aki, mengecek kondisi rem, saringan udara dan ban mobil. Termasuk bagian lain yang menunjang kenyamanan berkendara, biasanya para pria lebih mengerti hal ini.

 

Penginapan, Rumah Makan, Klinik Kesehatan
Bila Anda harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, maka Anda harus bermalam di sebuah penginapan. Ada baiknya jika Anda telah menentukan di kota mana Anda akan berhenti untuk beristirahat dan menginap sehingga Anda bisa memesan kamar di sebuah tempat penginapan. Pastikan juga Anda tahu alamat klinik kesehatan dan rumah makan di sepanjang jalur perjalanan yang Anda lewati.

 

Tas Khusus Pakaian
Anda telah memasukkan pakaian yang akan dipakai saat sudah tiba di rumah keluarga besar tempat tujuan mudik. Jangan lupa untuk menyediakan satu tas berisi pakaian seluruh keluarga. Ini untuk berjaga-jaga siapa tahu selama perjalanan, ada anggota keluarga yang sakit, pakaian terkena tumpahan minuman dan untuk berganti pakaian saat di penginapan. Masukkan semua pakaian dalam satu tas agar mudah membawanya. Letakkan pakaian anak-anak di bagian atas tas yang mudah terjangkau. Sedangkan untuk perlengkapan bayi, letakkan di tas lain.

 

Obat-Obatan Keluarga
Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Yang harus Anda persiapkan antara lain, minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk), Anda dapat berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter keluarga. Jangan lupa untuk membawa kantung muntah bila ada anggota keluarga yang mabuk perjalanan.

 

Jangan Malu Bertanya
Anda tidak mudik setiap satu minggu sekali, ada kalanya kondisi jalan dan rute jalan utama sebuah kota berubah dari tahun sebelumnya. Karena itu, jika Anda merasa salah jalan atau ingin mencari lokasi tertentu, jangan malu bertanya pada pos-pos jaga mudik di sepanjang jalan utama. Bertanya pada pihak pos jaga lebih aman dan terpercaya. Jika Anda tidak menemukan pos jaga, datangi saja kantor kepolisian terdekat.

Sumber: vemale.com


Follow Us :      

merchant special


quiz DNEWS


Jawablah 3 (tiga) pertanyaan
Quiz edisi Juli- Agustus 2012 ini dengan benar
dan dapatkan 5 hadiah menarik dari Deliberant bagi yang beruntung.

Facebook Page

Archives


    

Tweets



Copyright by D~NET Surabaya 2012