Potensi Besar Mobile Augmented Reality

Posted : 5 - 7 - 2012

Dewasa ini, penggunaan teknologi augmented reality pada perangkat mobile (telepon genggam dan tablet) memang masih tergolong minim. Padahal, teknologi ini memiliki potensi yang besar untuk memperkaya telekomunikasi untuk menjadi lebih efektif. Pasalnya, perangkat mobile sekarang ini merupakan salah satu teknologi yang paling dekat dengan kita.

Saat ini, hampir semua orang mempunyai dan aktif menggunakan perangkat mobile. Augmented reality dapat menciptakan sarana komunikasi yang unik dan interakrif. Salah satu karya dari mobile augmented reality adalah aplikasi Virtual City Guide yang pernah dikembangkan oleh AR&Co. pada pertengahan 2011. Aplikasi ini membantu penggunanya untuk menemukan dan mendapatkan informasi mengenai suatu toko atau gerai melalui live tracking.

Maksud live tracking di sini adalah, dengan mengarahkan kamera telepon genggam ke toko atau gerai yang ingin diketahui informasinya, aplikasi mobile augmented reality secara langsung dapat menyediakan informasi dari benda-benda yang ditunjuk pada lokasi.

Penggunaan aplikasi mobile augmented reality ada yang menggunakan internet (online) dan tidak menggunakan internet (offline).

Kelebihan aplikasi yang menggunakan internet (online) adalah kemungkinan untuk terus-menerus memperbaharui data yang ada sehingga infromasi yang diterima lebih tepat dan cepat. Kelemahannya adalah pada kecepatan koneksi internet.

Kelemahan aplikasi yang menggunakan internet (online) menjadi kelebihan dari aplikasi yang tidak menggunakan internet (offline). Kelemahan aplikasi yang tidak menggunakan internet (offline) adalah aplikasi harus diunduh terlebih dahulu dan informasi yang disampaikan tidak secepat online, karena tidak secara langsung diperbaharui.

Bedanya dengan aplikasi lain seperti GPS adalah, aplikasi Virtual City Guide menggunakan akses secara langsung oleh pengguna (real time).

Ketika pengguna mengarahkan kamera ke toko / stand, saat itu juga muncul sejumlah pilihan informasi yang dapat diakses mengenai toko / stand tersebut. Informasi-informasi yang dapat diperoleh melalui aplikasi ini dapat berbentuk teks, video, animasi 3D, dan permainan.

Selain dapat diakses secara real-time, keuntungan lain dari mobile augmented reality adalah aplikasi lebih ringan karena ukuran aplikasinya jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi augmented reality pada komputer atau laptop.

Namun penggunaan aplikasi mobile augmnented reality sekarang masih bergantung pada prosesor perangkat. Beberapa perangkat mobile yang dapat mengakses aplikasi mobile augmented reality adalah iPhone, iPad 2, dan Android.

Sumber: www.kompas.com


Follow Us :      

merchant special


quiz DNEWS


Jawablah 3 (tiga) pertanyaan
Quiz edisi Juli- Agustus 2012 ini dengan benar
dan dapatkan 5 hadiah menarik dari Deliberant bagi yang beruntung.

Facebook Page

Archives


    

Tweets



Copyright by D~NET Surabaya 2012