Augmented Reality: Penyatuan Dunia Nyata dan Dunia Maya

Posted : 5 - 7 - 2012

Pasti Anda sudah sering mendengar sebuah teknologi teranyar yang marak diperbincangkan di dunia IT, bernama Augmented Reality atau biasa disebut dengan AR. Teknologi AR merupakan teknologi penggabungan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata hasil proyeksi benda-benda maya dalam waktu yang nyata. Hal inilah yang menjadikan AR sebagai teknologi kreatif yang cukup diminati saat ini.

Bisa dibayangkan jika teknologi cerdas ini diaplikasikan untuk pendidikan. Pengguna tidak hanya bisa membaca buku secara fisik, namun juga dapat menghidupkan apa yang dibacanya dan ada juga yang bisa dimainkan layaknya games.

Tak heran jika beberapa industri kreatif besar dunia sekelas Disney dan Cartoon Network telah memanfaatkan teknologi ini. Misalnya saja kartu Ben (10) Ten yang bisa dimainkan secara Augmented Reality, atau komik Harry Potter yang bisa keluar dari covernya. Uniknya jika dua karakter tokoh bermusuhan digabungkan maka akan terjadi interaksi.

Sebagai teknologi yang mulai marak diperbincangkan di dunia IT beberapa tahun belakangan ini, AR dapat dimanfaatkan di semua bidang perusahaan sebagai media marketing menarik minat pelanggan mereka.

Salah satu implementasi AR dalam komunikasi perusahaan antara lain yang dibuat oleh Indosat, yakni Indosat MonstaR. MonstaR merupakan Virtual Pet berbasis AR pertama di Indonesia. Melalui platform ini, pelanggan Indosat dapat mendaftar, kemudian dowmload aplikasi dan memainkan monstaR-monstaR lucu  pada smartphone. Untuk lengkapnya aplikasi ini dapat diunduh di www.planetmonstar.com.

Dalam bidang medis AR juga digunakan dalam hal yang cukup penting. Contoh penggunaannya adalah pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien.

Dari gambar-gambar ini kemudian pembedahan direncanakan. Realitas tertambah dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung. Penggunaan lain adalah untuk pencitraan ultrasonik, di mana teknisi ultrasonik dapat mengamati pencitraan fetus yang terletak di abdomen wanita yang hamil.

Berkembangnya ponsel pintar yang sangat luar biasa juga mendukung penggunaan AR. Banyak aplikasi yang mencoba menggunakan ide konsep AR sebagai dara pengembangan softwarenya.

Dapat dimungkinkan tercipta teknologi yang mungkin tidak kita sebelumnya dapat dilakukan hanya dengan sebuah ponsel di tangan. Berbagai game juga dibuat dengan AR. Ini membuat genre atau gamestyle baru yang sebelumnya tidak ada di dunia game.

Salah-satu software yang menggunakan AR adalah sebuah software yang akan menampilkan informasi yang terkait dengan gambar situasi kota. Informasi tersebut dapat berupa informasi nama jalan, bangunan, adanya sebuah restoran, atau hal lainnya.

Augmented reality pada awalnya sebuah simulasi yang dilakukan pada berbagai penelitian seperti pembelajaran dalam melakukan operasi di bidang kedokteran, hingga simulasi pengedalian pesawat terbang di ruang kokpit.

Untuk ke depan, teknologi akan merevolusi cara berpikir dan mengubah metode konvensional menjadi modern. Dunia nyata telah berhasil disatukan dengan dunia maya dalam Augmented Reality.

Sumber: www.chip.co.id, www.soraastral.wordpress.com, www.metrotvnews.com


Follow Us :      

merchant special


quiz DNEWS


Jawablah 3 (tiga) pertanyaan
Quiz edisi Juli- Agustus 2012 ini dengan benar
dan dapatkan 5 hadiah menarik dari Deliberant bagi yang beruntung.

Facebook Page

Archives


    

Tweets



Copyright by D~NET Surabaya 2012