Membuat dan Mengelola Toko Online

Surabaya, 22 - 23 Juni 2011

Bermain game, nongkrong di mall, atau pergi ke tempat wisata sering jadi sasaran utama para pelajar untuk mengisi liburan. Hal ini cukup disayangkan, karena sebetulnya mereka bisa melakukan hal yang lebih positif, seperti membuka toko online misalnya.

Cara baru dalam berdagang itu kini sedang marak. Apalagi berbagai kemudahan yang disediakan oleh toko online membuatnya bisa diakses oleh berbagai kalangan, mulai pekerja, mahasiswa, ibu RT, pebisnis, hingga pelajar sekolah.

Menyikapi hal tersebut, D~Net bekerja sama dengan Multiply Indonesia mengadakan pelatihan Membuat dan Mengelola Toko Online yang diikuti berbagai siswa SMA/SMK dan yang sederajat se-Surabaya.

Ini merupakan program CSR kedua D~Net untuk tahun ini. Bertujuan untuk mengajak para pelajar mengisi liburan mereka dengan sesuatu yang lebih bermanfaat, yaitu membuka toko online.

Toko online sendiri dipilih karena jauh lebih mudah dan murah dibanding membuat toko fisik. Apalagi saat ini banyak hadir website e-commerce, seperti Multiply misalnya. Situs ini sudah bertransformasi menjadi situs social network yang memiliki fitur e-commerce.

Di Multiply pembeli dan penjual dapat berinteraksi secara akrab sembari melakukan transaksi bisnis yang aman, terutama berkat payment gateway yang sudah terintegrasi ke dalam Multiply Commerce. Multiply juga memiliki sederet fitur yang memudahkan para user untuk menciptakan toko online.

Sebanyak 63 pelajar mengikuti pelatihan yang bertempat di Training Room BG Junction, Jl Bubutan 1-7 Surabaya ini. Para peserta dibagi dalam empat kelas, yaitu dua kelas di tanggal 22 Juni, dan sisanya di 23 Juni.

Selama pelatihan para peserta tampak begitu antusias. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan kritis yang dilontarkan. Salah satunya yaitu Dimas Priambodo. Siswa SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo ini penasaran cara agar toko online miliknya ramai dikunjungi.

"Ada beberapa cara. Bisa dengan memperbanyak variasi dagangan, membuat tampilan toko seatraktif mungkin, atau menjadi member premium di multiply," jelas Ferdy Fermanto, salah satu pengajar di training tersebut.

Pertanyaan lain terlontar dari bibir Aldia di SMAN 8 Sby. "Bagaimana dengan sistem keamanan kalau belanja di toko online. Apakah terjamin sepenuhnya?" tanyanya. Menurut Ferdy, selama transaksi berjalan sesuai prosedur yang ada di multiply, maka dijamin aman. "Seluruh transaksi harus lewat rekening multiply agar safety," terangnya. 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap minat para pelajar, Multiply Indonesia akan memilih satu peserta dengan Toko Online terbaik yang berhak mendapatkan satu unit Laptop. Toko Online terbaik akan diumumkan 1 Agustus.

Sejak 1997 hingga 2010, berbagai program CSR telah kami lakukan. D~Net telah menyelenggarakan D~NET Heroes Go To School, Uluran Kasih Ramadhan, Periksa Mata Gratis bekerja sama dengan Optic Seis, Internet Awareness for Parents dan D~Net & Partners Peduli Pendidikan yaitu pemberian bantuan komputer dan koneksi internet dial-up serta subsidi biaya telpon untuk 12 Sekolah Percontohan di Surabaya serta training penggunaan internet untuk 200 guru. D~Net membagikan BSE (Buku Sekolah Elektronik) kepada seluruh sekolah di Surabaya. Sementara untuk tahun ini, D~Net telah mengajak seluruh Ibu-ibu PKK se-Surabaya untuk mengenali dunia internet dan email.

 

Copyright by D~NET Surabaya @ 2011
back to top