Rahasia Sukses Amazon.com

Posted : 6 - 7 - 2011

Salah satu website terkemuka yang cukup berhasil meraih sukses sebagai website toko online adalah situs amazon.com , yang merupakan website yang menjual buku secara online terbesar didunia. Untuk meniru kesuksesan situs amazon.com , berikut 10 rahasia sukses amazon.com seperti dikutip dari buku “Business The amazon.com Way” karya Rebecca Saunders.

* Understand e-commerce. Jeff Bezos sebagai pendiri amazon.com, jauh-jauh hari sebelum mendirikan situs amazon.com ini, telah melakukan penelitian dan mempelajari dengan seksama tentang bagaimana seluk beluk bisnis dibidang jual beli buku yang nantinya menjadi bisnis utama dari amazon.com . Dan yang lebih penting lagi beliaupun juga benar-benar mempelajari bagai mana teknologi internet itu sendiri.

* Build an entrepreneurial team. Langkah kedua yang dilakukan Jeff Bezos adalah membentuk team yang kuat yang mempunyai kompetensi yang kuat dibidangnya masing-masing, karena beliau sangat sadar untuk membangun sebuah bisnis besar tidak bisa dilakukan sendirian.

* Focus. Seperti bisnis lainnya, fokus adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Tetap fokus dan konsisten dalam konsep bisnisnya dan dalam tindakan-tindakan serta kebijakan-kebijakan bisnisnya membuat Jeff Bezos membawa amazon.com sebagai website yang menjual buku secara online nomor satu di dunia.

* Brand the site. Dimulai dari pemilihan nama domain yang cukup gampang diingat tapi mengandung makna yang luas yaitu amazon.com , dilanjutkan dengan usaha yang berkesinambungan untuk memperkenalkan situs ini kepada umum, dan yang terpenting dengan terus menjaga agar amazon.com tetap mempunyai kesan yang positif di mata pelanggannya, membuat nama amazon.com terus melambung tinggi sulit untuk dikalahkan oleh para pesaingnya.

* Get and keep customers by offering value. Mencari pembeli dalam suatu bisnis memang sulit, tapi mempertahankan pembeli tersebut sampai menjadi pelanggan setia dalam bisnis Anda jauh lebih sulit. Salah satu usaha yang dilakukan amazon.com dalam hal tersebut adalah dengan memberikan nilai lebih dalam setiap transaksi bisnisnya, contohnya dengan memberikan diskon-diskon khusus untuk barang-barang tertentu, memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang produk yang dijual sehingga pembeli tidak mereasa tertipu, dan hal-hal lainnya yang terus dilakukan amazon.com untuk senantiasa selalu memanjakan para pelanggannya.

* Set up a distribution network. Karena dalam bisnis toko online pembeli bisa melakukan transaksi pembelian dari mana saja, maka harus disiapkan layanan khusus untuk mengantarkan barang yang dibeli sampai ketangan para pembeli dengan cepat dan tepat. Untuk itu amazon.com membuat jaringan distibusi yang kuat untuk layanan pengantaran barang ini, yang hal ini pulalah yang menjadikan amazon.com sulit ditandingi oleh para pesaingnya.

* Practise frugality. Jeff Bezos melakukan pengaturan yang ketat dalam masalah keuangannya, dengan melakukan beberapa efesiensi. Tetapi dilain pihak beliau tidak segan-segan mengeluarkan dana yang besar untuk menarik jumlah pengunjung datang ke situs amazon.com

* Practise technoleverage. Amazon.com terus mengembangkan teknologi pendukung untuk mempermudah aktifitas transaksi onlinenya. Salah satunya dengan membeli perusahaan Junglee yang memiliki teknologi search engine, dimana memungkinkan pelanggan untuk mencari dan membandingkan beberapa produk yang ingin dibeli dengan mudah.

* Constantly reinvent oneself. Dengan adanya kompetitor yang menjadi pesaing bisnisnya, amazon.com harus terus waspada dan cermat dalam melakukan persaingan. Hal menarik adalah semakin banyak pesaing semakin membesarkan nama amazon.com, karena semakin gampang pengunjung pencari pembanding atas kelebihan-kelebihan servis yang di sediakan oleh amazon.com dibanding para pesaingnya.

* Grow by strategic alliances as well as acquisitions. Satu tahun setelah amazon.com didirikan, amazon.com melakukan kerjasama sindikasi dengan lebih dari 60.000 site yang terhubung dengan amazon.com diantaranya situs-situs terkenal seperti Yahoo, Netscape, Geocities dan lainnya. Sehingga para pelanggan amazon.com bisa melakukan transaksi dari situs-situs lainnya yang menjadi partner sidikasi amazon.com dan sekarang ini jumlah site yang terhubung dengan amazon.com terus bertambah.

Sumber : Vivanews.com


OTHER ARTICLES
Copyright by D~NET Surabaya @ 2011
back to top