Dari Mana Memulai Bisnis Online?

Posted : 6 - 7 - 2011

Paling tidak ada dua keuntungan besar yang bisa dirasakan bagi yang berbisnis online. Pertama, hasilnya yang luar biasa besar dengan resiko yang bisa dibilang sangat minim. Bisnis online mampu mengalirkan uang dalam jumlah besar serta dalam waktu singkat. Sudah tak terhitung pebisnis yang berhasil. Baik yang berani mengatakan secara terus terang di internet, maupun yang lebih memilih berdiam diri saja.

Keuntungan kedua adalah kebebasan pola kerjanya. Tak terikat pada jangka waktu yang kaku atau pada tempat tertentu. Bisnis online telah mengubah cara kerja kita. Bisnis ini melampaui pekerjaan yang pernah diidamkan banyak orang di masa lalu.

Kalau dulu mungkin banyak yang memilih untuk bekerja kantoran, dengan mendapat gaji tetap setiap bulan. Tapi kini tidak lagi. Pekerjaan seperti itu cenderung membosankan. Kalau mau digambarkan kira-kira pola kerjanya setiap harinya seperti ini: Berangkat kerja > Bekerja di kantor > pulang kerja. Begitu setiap harinya ritme yang dilakoni. Dengan pekerjaan yang menguras banyak energi dan juga menyita banyak waktu pastinya.

Sementara, kalau kita mau berpikir jujur, hasil yang kita dapat sebetulnya tak seberapa. Taruhlah misal setiap hari kita kerja selama delapan jam dengan lima hari kerja dalam seminggu. Berarti selama seminggu kita bekerja selama 40 jam. Kalau sebulan berarti kita bekerja selama 160 jam. Dan coba berapa yang Anda dapat? Andaikan saja total pendapatan anda sebesar Rp 5 juta. Maka, sebetulnya, waktu perjam Anda hanya dihargai Rp 31.250.

Enaknya lagi berbisnis online, Anda tak harus bekerja secara full-time. Karena, internet-lah yang akan bekerja full time untuk Anda. Anda cukup meluangkan sedikit waktu untuk mengelolanya. Selebihnya, Anda bisa curahkan waktu untuk kegiatan lain serta keluarga tercinta Anda.

Soal sumber penghasilannya, ada banyak sekali ragam penghasilan yang bisa Anda pilih. Anda pahami sumber-sumber penghasilan itu. Dan tentukan mana sumber uang yang ingin pertama kali Anda cicipi.

Sebagai kelanjutannya mari kita bahas apa saja yang perlu dilakukan untk memulai bisnis online.

  1. Belajar Affiliate Program dan Cara Berpromosi
    Affiliate program merupakan cara yang banyak dilakukan pebisnis online untuk meraup banyak uang dalam waktu singkat. Dan cara ini bisa diterapkan dalam lingkup yang sangat luas. Misalkan, kalau Anda punya produk fashion, Anda bisa mengembangkan cara berpromosinya dengan memakai affiliate program.

    Dengan memperbanyak para affiliate, Anda hanya perlu memberikan komisi untuk misal setiap penjualan yang dihasilkan berkat rekomendasi mereka. Dengan begitu, volume penjualan Anda bisa terus meningkat. Dalam affiliate program, jumlah uang yang Anda hasilkan sangat bergantung dari besarnya tingkat penjualan. Karena itu, Anda perlu juga belajar bagaimana cara berpromosi.
  2. Membuat Produk dan Menjualnya
    Anda perlu belajar bagaimana membuat produk sendiri. Misalnya bagaimana cara membuat produk informasi. Sebab, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh produk informasi antara lain seperti kecilnya modal, proses pembuatan mudah, dan keuntungan berlimpah.
    Tapi bukan hanya produk informasi saja yang bisa Anda buat. Kalau misal Anda punya keahlian dalam desain, Anda bisa membuat template, kalender, atau yang bisa Anda jual. Kalau suka memotret, Anda juga bisa menjual foto-foto Anda.
  3. Membuat Situs Web atau Blog
    Salah satu cara terbaik menghasilkan uang lewat internet adalah dengan membuat situs web atau blog. Dengan begitu, Anda bisa memajang iklan atau menjual produk/jasa yang Anda tawarkan. Anggaplah situs web atau blog Anda sebagai toko anda di dunia maya. Banyak jenis blog yang bisa menghasilkan uang untuk Anda. Apapun model situs web yang Anda pilih, sebaiknya sesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda.
  4. Mulai Berbisnis Online
    Setelah mempunyai situs web atau blog, Anda kini sudah siap berbisnis online. Sebaiknya produk atau jasa yang Anda tawarkan bersifat spesifik tapi memiliki jangkauan pasar yang luas. Misal, Anda bisa tawarkan jasa desain web, programming, atau copywriting juga bisa. Tak sulit sebetulnya untuk memulainya. Asal Anda punya tekad dan kemauan yang kuat. Anda pun tak harus punya keahlian yang sangat mumpuni untuk melakukannya. Sebab, sebagai pebisnis online, tak harus Anda yang melakukan semuanya sendiri. Tugas Anda sebagai perancang, penggerak, pengarah, dan pengontrol aktivitas bisnis online Anda. Anda bisa cari orang-orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan teknisnya.
  5. Terjun ke Bisnis Retail
    Dunia bisnis masa depan juga ditandai dengan maraknya bisnis retail. Ini dibuktikan dengan suksesnya Ebay dan Craiglist. Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan misal membeli suatu produk dan menjualnya.

Sumber : www.jokosusilo.com


OTHER ARTICLES
Copyright by D~NET Surabaya @ 2011
back to top