Bukti Kedahsyatan Twitter untuk Marketing

Posted : 6 - 7 - 2011

Twitter, sebagai layanan Microblogging , memang sedang trend saat ini. Bagi blogger, Twitter, sudah merupakan kewajiban. Awalnya blogger hanya menuliskan “apa yang sedang kamu lakukan”? Tapi kini Twitter telah bergerak melebihi fungsi awalnya. Tweets bisa digunakan untuk berbagi cerita, link ke foto, mempromosikan konten, berita terkini, dan banyak lagi. Twitter juga telah menjadi alat yang sangat penting bagi para profesional dalam marketing media sosial.

Berikut beberapa bukti betapa dahsyatnya melakukan aksi marketing lewat Twitter.

  1. Manfaatkan search options. Pencarian lanjutan di search.twitter.com memungkinkan pengguna untuk menyisipkan kata kunci yang kemungkinan orang gunakan untuk menemukan seseorang atau produknya.Selain itu, fungsi pencarian memungkinkan pengguna untuk membuat target tweet di daerah tertentu tanpa harus keluar dari komunitas sebelumnya. Hal ini memungkinkan pebisnis lokal untuk menjangkau pengguna Twitter di daerah mereka.
  2. Tweet meningkatkan optimasi search engine.
    Sering melakukan tweet tidak hanya membuat pengguna tetap aktif di newsfeeds, namun juga meningkatkan posisi pengguna di pencarian online. Namun, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang mudah diingat di tweet sesering mungkin.

    Jika tidak menggunakan nama perusahaan atau nama asli, maka pastikan informasi itu ada di data pribadi Twitter Anda. Ini penting karena bisa membantu Google dalam membuat konten indeks yang sesuai dengan bisnis anda.

    Kemudian, Anda bisa menggunakan Google Alerts untuk memonitor nama Anda dan perusahaan Anda. Informasi mengenai pendapat orang tentang perusahaan Anda atau mungkin persaingan bisnis bisa diperoleh di sini.
  3. Menjalin hubungan dengan media.
    Beberapa tools di Twitter bisa membantu Anda untuk menemukan wartawan maupun editor dan mengetahui seberapa aktif mereka di Twitter. Dengan begitu, Anda bisa menentukan media mana yang cocok dengan bisnis Anda dan bisa membuat koneksi dengan wartawan di media tertentu.
  4. Menjangkau pengguna ponsel.
    Pengguna mobile merupakan pasar yang bagus untuk bisnis Anda. Twitter memungkinkan Anda untuk membuat tweets yang dikirim secara langsung ke teman Anda di Twitter sebagai SMS. Di Indonesia sendiri, beberapa operator telekmunikasi sudah mengeluarkan layanan ini, seperti Axis dan Indosat.
  5. Ubah topik setiap kali Anda melakukan tweet.
    Hal ini dilakukan untuk meningkatkan lalu lintas Twitter Anda. Sering merubah topik mampu menarik berbagai orang untuk melihat Twitter Anda. Dan jika Anda memuat topik itu di waktu yang berbeda, maka jangkauan orang yang bisa diperoleh lebih banyak lagi.

    Twitter merupakan alat yang bisa membantu Anda untuk menemukan apa yang disukai dan dicari target pasar Anda. Dan jika Anda bisa memanfaatkannya dengan tepat, Twitter bisa meningkatkan jaringan dan lalu lintas situs Anda.
  6. Perhatikan Inti Marketing
    Inti marketing dari twitter yaitu perbanyak followers dan persering update twit. Dengan banyaknya followers berarti peluang menjaring pelanggan juga makin terbuka lebar. Adapun twit itu ibarat sebuah blog marketing yang diisi dengan artikel promosi. Silahkan Anda disiplinkan hal ini dan rasakan hasilnya.
  7. Manfaatkan Hashtag
    Untuk meningkatkan kemampuan mencari pesan-pesan Anda di dunia maya, hashtag adalah cara paling ampuh untuk mengirim konten brand Anda ke audiens yang spesifik dan luas, di luar pengikut Anda. Teliti hastag terakhir atau ciptakan hastag Anda sendiri untuk memperkenalkan update Anda. Hashtag spesifik soal healthcare misalnya meliputi #hcsm #hcmkg #socialhc #WebMarketing.

    Tips Twitter: Ketika staf Anda berada dalam sebuah acara industri, dorong mereka untuk berperan serta dalam hashtag stream. Mereka bisa ngetwit tentang pengalaman mereka dalam acara tersebut, me-retweet pengalaman orang lain dalam acara tersebut, dan pada saat yang tepat, tweet-lah link-link blog perusahaan Anda, update riset Anda dan tren acara itu.

OTHER ARTICLES
Copyright by D~NET Surabaya @ 2011
back to top