Berkenalan dengan Paypal

Posted : 6 - 7 - 2011

Munculnya internet telah menimbulkan revolusi luar biasa dalam gaya hidup kita sehari-hari. Mulai dari cara mendapatkan informasi, cara berkomunikasi dengan orang lain, cara mendapatkan hiburan, cara mengekspresikan diri, sampai cara kita berbelanja atau melakukan penjualan.

Berkat adanya internet, semua kegiatan itu dapat dilakukan dengan kecepatan dan jangkauan yang luar biasa. Cukup dengan menggerakkan ujung jari, informasi yang letaknya jutaan kilometer di luar sana, bisa didapat secepat kilat. Begitupun dengan transaksi dengan konsumen yang berada di belahan lain dunia, bisa dilakukan tanpa harus bertemu langsung.

Salah satu pendukung kemudahan tersebut adalah Paypal. Yakni suatu alat pembayaran yang memanfaatkan fasilitas internet. Pengguna internet bisa menggunakannya untuk membeli barang di eBay, membeli lisensi software original, membayar keanggotaan situs, atau mengirim uang ke pengguna PayPal lain di seluruh dunia.

Sejauh ini, Paypal termasuk yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sudah lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia, yang bisa memanfaatkan alat ini. Sedangkan mata uang yang bisa dipakai berjumlah 16 mata uang. Sayangnya, Rupiah tidak termasuk di dalamnya. Jadi bila Anda bermaksud menggunakan Paypal, Anda perlu memakai mata uang luar negeri seperti Dollar Amerika, Euro, Yen, atau Dollar Singapura.

Setiap hari konon sampai 68 ribu pengguna baru Paypal. Tak heran kalau banyak yang memakai Paypal. Sebab selain sebagai pioner di dunia e-commerce, Paypal juga mudah, cepat, dan aman digunakan.

Untuk bisa menggunakan Paypal tentu Anda harus punya account terlebih dulu. Kemudian isilah account tersebut dengan dana dari kartu kredit yang dapat diterima PayPal. Sampai saat ini kartu kredit yang bisa diterima Paypal yang berlogo Visa, Mastercard, Discover, dan American Express. Jadi misalkan Anda memiliki kartu kredit seperti BCA Visa, Mandiri Visa, Citibank Mastercard, atau BNI Visa, Anda bisa memakai Paypal untuk bertransaksi. Selain itu, persyaratan lainnya Anda sudah harus berumur minimal 18 tahun dan memiliki email.

Untuk mendaftar di Paypal, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik www.paypal.com
  2. Kemudian klik “SignUp Now!” untuk mendaftar.
  3. Berikutnya pilih negara: Indonesia.
  4. Selanjutnya pilih tipe account. Untuk pendaftar baru disarankan memilih personal account terlebih dahulu. Jika Anda butuh layanan lebih, Anda bisa meng-upgradenya ke tipe Premiere atau Business. Lalu tekan Continue.
  5. Kemudian tinggal Anda masukkan informasi Anda seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Untuk mata uang, karena tak ada Rupiah, Anda bisa pakai mata uang lainnya seperti Dollar Amerika. Dan untuk email yang Anda daftarkan, nantinya akan menjadi username Anda untuk login maupun bertransaksi lewat Paypal. Yang perlu Anda perhatikan juga yaitu pastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang Anda daftarkan sesuai dengan data dalam kartu kredit Anda. Kalau data sudah terisi semua, klik “Sign Up”.
  6. Berikutnya Anda diminta untuk memasukkan nomor kartu kredit. Kalau sudah Anda klik “Add Card”.
  7. Selanjutnya Anda akan menerima email dari Paypal. Ceklah di email yang tadi Anda daftarkan, buka email tersebut, lalu klik link konfirmasi.
  8. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang tadi Anda tuliskan saat mendaftar. Kemudian klik “Submit” dan klik “Continue”, maka Anda akan masuk ke halaman My Account.
  9. Di halaman My Account tersebut, kalau Anda baru pertama kali masuk, bacalah “Expanded option”. Di sana Anda akan diinstruksikan untuk menekan tombol Get Number untuk menjadi Verified Member Paypal. Dengan menjadi Verified Number Paypal berarti kebenaran alamat Anda sudah dicek oleh Paypal. Saya sarankan Anda mendaftar menjadi Verified Member Paypal karena tingkat keamanannya lebih terjamin.
  10. Untuk menjadi Verified Member Paypal, Anda tinggal klik tombol Get Number untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari paypal. Kode tersebut akan dikirimkan ke dalam statement bulanan kartu kredit Anda.
  11. Kalau sudah mendapat 4 digit kode keamanan tersebut, Anda masuk lagi ke account Paypal Anda, lalu di halaman My Account klik “Activate Account”- “Complete Expanded Use Enrollment”. Setelah 4 digit kode keamanan dimasukkan, Anda sudah menjadi Verified Member.

Sumber : Jokosusilo.com


OTHER ARTICLES
Copyright by D~NET Surabaya @ 2011
back to top