Prediksi Tren Virtualisasi

Posted : 6 - 1 - 2012

VMware, Inc memaparkan sejumlah prediksi tren teknologi 2012 di Asia Pasifik yang mencakup virtualisasi dan komputasi Awan. Sejumlah prediksi dipaparkan oleh Steve Herrod, Chief Technology Officer (CTO) dan Senior Vice President Reasearch & Development, VMware.

Menurutnya pada 2012, penggunaan dan pengadopsian teknologi Awan akan meningkat. Sebuah riset yang dilakukan Forrester baru-baru ini, yang diluncurkan pada bulan Oktober 2011 oleh VMware, menunjukkan bahwa semakin banyak organisasi yang memilih menerapkan teknologi public dan private cloud (41 persen), meningkat hampir 10 persem dibandingkan hasil riset tahun lalu (38 persen).

Public cloud merupakan pilihan yang kurang disukai karena sebagian besar organisasi di seluruh kawasan melihat teknologi ini kurang aman untuk mengelola data dan aplikasi perusahaan.

Di seluruh kawasan Asia Pasifik, sebanyak 78 persen organisasi kini mempertimbangkan untuk menerapkan virtualisasi sebagai dasar yang penting bagi komputasi awan (cloud computing). Pengadopsian teknologi virtual yang tertinggi dilakukan oleh perusahaan asuransi (83 persen), kemudian diikuti oleh perusahaan yang bergerak di sektor perbankan/keuangan (81 persen).

Dalam hal aplikasi, kami juga melihat adanya pergeseran tipe infrastruktur aplikasi yang dipakai. Melihat realita aplikasi berbasis website atau mobile moderen, dengan pola penggunaan yang dinamis, dibutuhkan pendekatan arsitektural baru.

Keragaman jenis dan volume perangkat selular yang semakin besar akan terus memengaruhi, dan ini akan mendorong pengadopsian dan penggunaan teknologi cloud tersebut.

Di kawasan Asia Pasifik, penggunaan perangkat tablet akan meningkat pesat mengingat semakin banyak pilihan perangkat yang lebih murah yang beredar di pasaran. Solusi baru untuk perangkat yang murah juga mengubah fokus sistem virtual, dari solusi bagi korporasi besar menjadi solusi praktis bagi segmen SMB dan perusahaan menengah. 

Hal ini terkait dengan kawasan Asia Pasifik karena pebisnis ingin mematahkan siklus sistem tradisional untuk beralih pengadopsian ke sistem yang mudah dan pengurangan capex/opex sebagai penggerak utama bagi penggunaan sistem host.

Sumber: okezone/berbagai sumber