Dalam 5 tahun terakhir, jumlah pengguna internet Indonesia naik 430 persen

Posted : 24 - 7 - 2014

Pada tanggal 12 Maret, internet genap berusia 25 tahun. Selama seperempat abad itu, terutama dalam lima tahun terakhir ini, internet berkembang dengan sangat pesat dan bahkan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Global Web Index, sebuah perusahaan riset yang meneliti pasar komsumen digital, baru-baru ini merilis sebuah grafik yang menunjukkan negara-negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak serta perkembangan jumlah pengguna paling pesat di dunia dalam lima tahun terakhir.

Untuk jumlah pengguna internet, China memiliki jumlah terbanyak dengan angka 463 juta orang, 2,5 kali lebih besar dari jumlah pengguna internet di Amerika yaitu 178 orang. Indonesia sendiri juga merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak ketujuh di dunia yaitu di angka 58 juta orang.

Untuk perkembangan jumlah pengguna internet dalam lima tahun terakhir, posisi teratas dipenuhi oleh negara-negara berkembang. Filipina merupakan negara yang jumlah pengguna internetnya berkembang pesat yaitu 531 persen.

Peringkat kedua merupakan Indonesia dengan tingkat perkembangan 430 persen, kemudian diikuti oleh Afrika Selatan dan India. Perlu diingat bahwa 58 juta orang hanyalah sekitar 25 persen dari keseluruhan jumlah penduduk di Indonesia yang berjumlah lebih dari 240 juta orang.

Jika tingkat pertumbuhan pengguna internet ini terus tinggi dalam beberapa tahun ke depan, maka Indonesia akan menjadi salah satu pasar internet yang penting di dunia.

Sumber: techasia