Apple Watch 'Pendamping Baru' iPhone

Posted : 15 - 9 - 2014

Bukan iWatch atau iTime, cukup 'Watch' untuk Apple Watch. Setelah menunggu kurang lebih dua tahun sejak gosipnya beredar, inilah jam tangan perdana besutan Apple.

Berbagi panggung dengan dua iPhone 6, beberapa undangan yang datang menyebutkan Apple Watch ini menakjubkan namun juga membosankan untuk waktu yang sama.

Seperti yang dirasakan oleh The Verge dan dikutip detikINET, Rabu (10/9/2014), Apple Watch dirancang sebagai pendamping iPhone. Sehingga sudah barang tentu koneksi Bluetooth mutlak dinyalakan sebagai 'jembatannya'.

Apple akan menghadirkan Apple Watch ini dalam dua ukuran yang berbeda, 1,5 inch dan 1,65 inch, namun dengan pilihan warna dan gaya yang sangat beragam. Sehingga bisa disesuaikan dengan pemakainya.

Fungsi utamanya adalah kehadiran sensor di dalam perangkat ini yang membuatnya dapat membantu memantau aktifitas pengguna Apple Watch. Sangat cocok digunakan sebagai 'gelang kesehatan' juga.

Tak cuma jadi itu, software di Apple Watch juga menarik, namun jauh dari ekspektasi. Ada UI yang disebut Face Touch, dimana pengguna bisa mengubah tampilan depannya sesuai kebutuhan.

Tak cuma jago gonta-ganti wallpaper, fungsi Apple Watch juga beragam, mulai dari notification center, membaca dan membalas SMS serta Email, melihat aktifitas media sosial, viewfinder untuk kamera, pemutar musik, aplikasi foto, dan integrasi dengan Siri.

Di satu sisi ini sangat membantu penggunaan iPhone, namun di sisi lain membosankan karena beberapa kompetitor di segmen wearable device ini sudah mempunyai fungsi tak jauh berbeda.

Perbedaan ada di tombol kanan sebelah atas. Bukan sekedar sebagai pemanis saja, melainkan juga untuk sebagai tombol home layaknya di iPhone atau iPad.

Walau tak dibenamkan Near Field Communication (NFC), pengguna dapat melakukan pembelian melalui alat denga teknologi NFC termasuk di berbagai pengecer, dari McDonalds ke Whole Foods.

Apple Watch akan berdiri dengan eksosistemnya sendiri. Karena Apple mengumumkan Watch SDK untuk para pengembang yang ingin mengintergasikan aplikasinya dengan jam tangan pintar tersebut.

Apple Watch akan datang ke rak toko pada tahun 2015 dan dijual mulai dari USD 349 atau sekitar Rp 4 juta. Tertarik untuk menggunakannya?

Sumber: detik.com